Anak Berkebutuhan Khusus Dan Tantangan Mereka Menghadapi Pendidikan di SDN 2 Handapherang

Kun Anis Jamilia Umma

Abstract


Abstrak: Anak berkebutuhan khusus atau biasa disebut ABK di Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di pelosok Bumi Pertiwi masih belum dapat menikmati pendidikan yang selayaknya. Terdapat tiga poin utama yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu faktor orang tua, masyarakat, dan penyelenggara pendidikan itu sendiri. Tujuan artikel ini adalah memaparkan kesulitan-kesulitan yang nyata dialami oleh ABK di SDN 2 Handapherang, Ciamis Jawa Barat. Di mana dengan contoh nyata tersebut, kita dapat membuka mata dan paham bahwa ABK pantas untuk mendapatkan pendidikan yang layak serta jauh dari presepsi buruk masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Menilik Kisah di Balik Program Kampus Mengajar (https://www.mediamu.id/2021/08/05/menilik-kisah-di-balik-program-kampus-mengajar/)

Pemda Harusnya Bangun SLB Negeri untuk Pemerataan Zonasi (https://www.jpnn.com/news/pemda-harusnya-bangun-slb-negeri-untuk-pemerataan-zonasi)

Tantangan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) (https://www.kompasiana.com/laksmipuspitowardhani/54f6c282a33311635b8b47c2/tantangan-pendidikan-anak-berkebutuhan-khusus-abk)

Winarsih, S., Hendra, J., Idris, F. H., & Adnan, E. (2013). Panduan penanganan nak berkebutuhan khusus bagi pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat). Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 1–17. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/b3401-panduan-penanganan-abk-bagi-pendamping-_orang-tua-keluarga-dan-masyarakat.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.