Analisis Kendala Siswa-siswi Kelas XI dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring Melalui E-learning di SMK Muhammadiyah Prambanan

Ice Krisnaeni, Anggit Prabowo, Atik Sarwiningsih

Abstract


Sistem pembelajaran secara daring melalui E-learning memang
memudahkan proses pembelajaran dalam masa pandemi. Namun, tentunya
dalam hal ini memiliki kendala yang di alami oleh siswa-siswi, karena
kegiatan belajar mengajar sudah biasa dilakukan secara tatap muka dalam
kurunwaktu yang panjang. Sehingga, kesulitan tersebut mengganggu proses
kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui
kendala siswa-siswi dalam Pembelajaran Matematika secara online (daring)
melalui E-learning. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Deskriptif.
Penelitian ini melibatkan siswa-siswi Kelas XI SMK dengan pengumpulan
data dan informasi menggunakan teknik instrumen kuesioner melalui Google
Form dan subjek dalam penelitian berjumlah 27 peseta didik. Dalam kuesioner
tersebut berisi 10 pernyataan yang memiliki indikator. Berdasarkan hasil
analisis jawaban peserta didik menunjukkan bahwa kesulitan secara umum
yang di alami oleh siswa-siswi kelas XI dalam Pembelajaran Matematika
melalui E-learning adalah kendala teknis dan kendala pelaksanaan
Pembelajaran Matematika. Kendala teknis dapat berupa koneksi internet yang
tidak stabil, kehabisan kuota, serta alat elektronik yang kurang memadai dan
kurangnya pemahaman fitur-fitur E-learning. Sedangkan kendala pelaksanaan
Pembelajaran Matematika diantaranya yaitu banyaknya tugas dan bentuk soal
membuat siswa-siswi mengalami kendala dan materi yang diberikan secara
daring oleh guru sulit untuk dipahami dibanding dengan pembelajaran tatap
muka.


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, I. (2013). Eksplorasi pola komunikasi dalam diskusi menggunakan moodle pada perkuliahan simulasi pembelajaran kimia ((Doctoral dissertation). Universitas Pendidikan

Indonesia, Bandung. Diperoleh dari http://repository.upi.edu/id/eprint/5901

Awwabiin, S. (2021). Pengertian Penelitian Deskriptif, Karakter, Ciri-ciri dan Contohnya. Diperoleh

dari https://www.duniadosen.com/penelitian-deskriptif/

Azzahra, S. P;, Abidin, F. A., Susiati, E., dan Cahyadi, S. (2021). Tantangan dan Upaya Guru SMA

dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(2), 108-121.

Fajriyani, E. (2020). Kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas V MIS Islam

Margasari 01 Sidareja Cilacap (Skripsi). IAIN Purwokerto, Cilacap. Diperoleh dari

http://repository.iainpurwokerto.ac.id/9025/

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi

Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. JIEMAR, 1(2), 15-23.

Lestari, S. W. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (pjj) dalam masa pandemi

ditinjau dari media pembelajaran, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),

Prabowo, A. , Anggoro, R. P., Astuti, D., Fahmi, S. (2017). Interactive multimedia-based teaching

material for 3-dimensional geometry. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series

(2017) 012047 doi :10.1088/1742-6596/943/1/012047

Prabowo, A. (2018). Profil Hasil Ujian Nasional Materi Matematika SMP/MTs. Eduma, 7(1), 31-40.

Prabowo, A. , Anggoro, R. P., Adiyanto, R., Rahmawati, U. (2018). Interactive Multimedia-based

Teaching Material for Trigonometry. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series

(2018) 012138 doi :10.1088/1742-6596/1097/1/012138

Prabowo, A., Rahmawati, U., & Anggoro, R.P. (2019). Android-based Teaching Material for

Statistics Integrated with Social Media WhatsApp. International Journal on Emerging

Mathematics Education, 3(1), 93-104. http://dx.doi.org/10.12928/ijeme.v3i1.11961

Prabowo, A. dan Dahlan, D. A. (2020). Pengembangan Tes Matematika dengan Konteks COVID-19

untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Elemen, Vol. 6 No. 2, 302 – 317.

Putri, L.A., & Dewi, P.S. (2020). Media pembelajaran menggunakan video atraktif pada materi garis

singgung lingkaran. Mathema Journal Pendidikan Matematika. 2(1), 32-39.

https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/568/

Rohmah, L. (2020). Konsep e-learning dan aplikasinya pada lembaga pendidikan islam. AN NUR:

Jurnal Studi Islam. 1(1), 255-270. https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/3

Utami, Y.P., & Cahyono, D.A.D. (2020). Study at home: Analisis kesulitan belajar matematika pada

proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(1). 20-26.

https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1

Widiyandari, T. (2021, Juni 3). Manfaat Belajar Matematika [Blog post]. Diperoleh dari

https://cabdindikwil1.com/blog/manfaat-belajar-matematika/

Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi.

Jurnal Ilmiah Foristek. 2(1), 143-152.

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/FORISTEK/article/view/665


Refbacks

  • There are currently no refbacks.