Pemanfaatan Media Google Classroom sebagai Sarana Pembelajaran Daring Materi Puisi di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Fahriza Ramadhan

Abstract


Google Classroom atau Ruang Google Kelas adalah platform pembelajaran campuran untuk ruang  lingkup pendidikan. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui respon  dan tanggapan para siswa kelas 8A dan 8B di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengenai pemanfaatan media Google Classroom sebagai sarana pembelajaran daring materi Puisi, sebagaimana kita tahu pemanfaatan media Google Classroom termasuk dalam media pembelajaran daring. Pembelajaran Online atau daring adalah metode pengajaran yang menggunakan teknologi dan internet, dimulai dari Whatsapp, Google Classroom, Zoom atau aplikasi lainnya. Google Classroom dapat membantu siswa juga karena siswa dapat mengunduh materi yang telah di bagikan oleh pengajar di platform Google Classroom, hal itu dapat di buktikan dalam hasil penelitian diatas bahwa 50 % Siswa kelas 8A dan 8B di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Setuju jika media Google Classroom membantu mereka sebagai sarana pemebalajaran daring Mapel Bahasa Indonesia, walupun ada juga yang berpendapat Tidak Setuju.

Full Text:

PDF

References


Maharjono. (2020). MANFAAT PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19. Vol 5 Edisi Khusus. Jurnal Karya Ilmiah Guru

Kristina, Marlin, dkk. (2020). MODEL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI PROVINSI LAMPUNG. Vol 4 No 2. JURNAL IDAARAH.

Siahaan. R. Fanry, dkk. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING. Vol 5 No. 4. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri.

Hassan Buaddin Hasan. (2020). PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MATAKULIAH MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO SCREENCAST O-MATIC. Widya Wacana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.