Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP N 15 Yogyakarta

Afiffah Nur Syavina Novika, Burhanudin Arif Nurnugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menghubungkannya dalam kehidupan sehari – hari, kemampuan komunikasi matematis dengan menjelaskan ide, situasi terhadap masalah matematika yang sudah ada, kemampuan pemahaman tentang konsep himpunan dan mengkaitkan dengan kejadian sehari – hari. Kemampuan matematisdalam memahami dan membuat diagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 15 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dalam pemahaman mengenai konsep himpunan kosong tergolong kurang tinggi. Kemampuan komunikasi matematis dalam pemahaman mengenai konsep himpunan semesta dan mengkaitkan dalam kehidupan sehari – hari tergolong cukup tinggi. Kemampuan komunikasi matematis dalam hal membaca diagram venn tergolong sangat tinggi. Kemampuan komunikasi matematis ketika memahami diagram venn tergolong tinggi. Kemampuan komunikasi matematis mengenai membacaanggota himpunan dalam bentuk notasi tergolong kurang tinggi.

Full Text:

PDF

References


Adri Nofrianto., Nani Maryuni., & Mira Amelia Amri. (2017). Komunikasi Matematis Siswa: Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Gantang Vol. II.

http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index

Anggraini Astuti., Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif 2(2) : 102-110.

Dona Dinda Pratiwi. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al – Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6, No. 2, 131 – 141.

Fatia Fatimah. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based – Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1116/2806

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-

https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n2_06

Sefna Rismen., Ainil Mardiyah., & Ega M Puspita. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika.

https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n2_08/582

Siti Aminah., Tommy Tanu Wijaya., & Devi Yuspriyati. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Himpunan. Journal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol(1), pp. 15-22.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. ALFABETA.

https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/29

Wahid Umar. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol(1)No.1.http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/2

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/91

http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/28/438


Refbacks

  • There are currently no refbacks.