Analisis Kesulitan Membaca Pada Peserta Didik Kelas I SDN Inpres Kawae

Diana Diarti, Hengkang Bara Saputro

Abstract


Setiap anak dilahirkan dengan memiliki kelebihannya masing-masing. Sehingga perkembangan yang dilalui oleh anak yang satu dengan anak yang lainnya pasti akan berbeda, terutama dalam kemampuan belajar. Hal ini dapat diakibatkan oleh faktor keluarga, sekolah dan masyarakat. Keluarga menjadi faktor utama dalam kemampuan membaca permulaan anak. Membaca permulaan adalah keterampilan membaca yang harus dikuasai oleh peserta didik di kelas rendah, terutama kelas I dan II. Tujuan adanya artikel ini yaitu untuk menganalisi faktor yang menyebabkan peserta didik kelas I SDN Inpres Kawae kesulitan dalam membaca. Kesulitan membaca yang dialaminya ini akan menghambat peserta didik dalam melanjutnya pembelajaran selanjutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang bersifat deskripsi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.

Full Text:

PDF

References


Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Dewi, E. 2019. Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca

Siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol.20, No.1.

Guntur, H. 2009. Dasar-Dasar Kurikulum Bahasa. Bandung : Angkasa

Kumara, A & dkk. 2014. Kesulitan Berbahasa pada Anak. Yogyakarta : PT. Kanisius

Lioe, J.T. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Pemanfaatan Multemedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol.7 (Hal. 23)

Mardika, T. 2017. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasa, Vol.10, No.1.

Maryanne, I & Anggia, V. 2017. Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, No.1.

Rizkiana. 2016. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Bangunrejo 2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Sidiq, U & Choiri, M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponogoro : CV. Nata Karya

Zahara, B.R & dkk. 2021. Analisis Kesulitan Membaca pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol.5, No.3

Zubaidah, E. 2013. Kesulitan Membaca Permulan pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.