Implementasi Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Di Masa Pandemi Covid-19

Rizki Zulfaningrum, Purwanti Pratiwi Purbosari

Abstract


Pendidikan Indonesia saat ini menerapkan Kurikulum 2013 sangat mengutamakan keberhasilan pada kemampuan numerasi. Kemampuan numerasi wajib dikuasai oleh siswa kelas 3 Sekolah Dasar (SD).  Selama ini guru hanya menerapkan model pembelajaran ceramah sehingga hasil Penilaian Ahir Semester (PAS) seluruh siswa mata pelajaran matematika di bawah KKM, oleh karena itu perlu adanya tindak lanjut untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa di SDN 2 Jangkrikan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Numerasi siswa di SDN 2 Jangkrikan dengan menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) agar membuat siswa lebih berperan aktif dan terbentuk interaksi siswa satu sama lain dengan membuat sebuah kelompok belajar. Jenis penelitian yang dilakukan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas 3, Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Pretest, Aplikasi model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division), dan Postest. Hasil penelitian menunjukkan terjadi pengaruh yang positif dengan menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap kemampuan numerasi siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis pengolahan data nilai rata- rata pretes 39,2 mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan hasil rata-rata nilai postest 86,4.


Full Text:

PDF

References


Indrawati, N. L. G. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD No. 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Educational Action Research, (Online), Vol 1, No 2.

Isjoni. (2019). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Rusman (2018). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali ptres.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wina, S. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media, Hal-249.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.