Dampak Covid-19 Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IX pada Pembelajaran Daring

Fika Aprillia, Siti Nur Rohmah

Abstract


Abstract: This study aims to identify the impact of covid-19 on students' interest in learning in online learning. This research is a descriptive qualitative research. Learning in Junior High Schools (SMP), especially class IX in this study carried out online learning. Students apply online learning by utilizing several applications that are used such as WhatsApp, Google Classroom. Respondents taken were students at SMP Muhammadiyah 2 Godean class IX and teachers of mathematics. The results show that covid-19 has a huge impact on interest in learning mathematics.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak covid-19 terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran daring. Penelitian ini menpenelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) khususnya kelas IX dalam penelitian ini melaksanakan pembelajaran daring. Siswa menerapkan pembelajaran daring dengan memanfaatkan beberapa aplikasi yang dipakai seperti whatssapp, google classroom. Responden yang diambil adalah siswa di SMP Muhammadiyah 2 Godean kelas IX dan guru mata pelajaran matematika. Hasil menunjukkan bahwa covid-19 sangat berdampak terhadap minat belajar matematika.

 


Full Text:

PDF

References


Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online. Jurnal Akuntansi, 6(1), 23–38. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jak/article/view/2709/2283

Maiti, & Bidinger. (1981). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penerapan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Oktavia, D. N., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Berbasis Daring. DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, Vol, 3. No(September), 153–158. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.425-434

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142


Refbacks

  • There are currently no refbacks.