Efektivitas Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar

Akmal Satria Husada, Burhanudin Arif Nurnugroho

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana peneliti ingin mengetahui realita mengenai lapangan persekolan pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ).  Sampel dalam penelitin ini berjumlah siswa 27 kelas X TBS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran google classroom sudah cukup efektif. Akan tetapi perlu digaris bawahi diperlukan adanya penggunaan video konferensi agar siswa lebih paham.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, A., Nuzula, F., & Makky, K. (2020). Efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom pada mata pelajaran matematika di madrasah aliyah darul falah Batu Jangkih. El-Hikam, 13(1), 66-82.

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa mts iskandar muda batam. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 6(2).

Mu'ti, Y. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Dengan Microsoft Teams Pada Pelajaran Matematika Materi Program Linear. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 347-358.

Oktafia, F., Suryana, Y., & Mulyadiprana, A. (2021). Persepsi Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2118-2124.

Pratama, D., & Sopryadi, H. (2016). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Google Classroom terhadap Efisiensi pada STMIK XYZ. In Seminar Nasional Teknologi Informasi.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.

Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 106-118.

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Bahri, S. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62-70.

Sari, I. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Googleclassroom terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia.

Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Science and Social Research, 3(1), 73-77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.