Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Analisis Teks Iklan, Slogan, dan Poster di SMPN 15 Yogyakarta

Latanza Rahma, Iis Suwartini

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis analisis teks iklan, slogan, dan poster di SMPN 15 Yogyakarta. Dalam materi kelas VIII teks iklan, slogan, dan poster memerlukan analisis yang lebih mendalam untuk menganalisis unsur-unsur, pola-pola penyajian, dan aspek kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran teks iklan, slogan, dan poster akan sesuai diterapkan untuk mendapatkan analisis yang lebih mendalam dan mengasah kemampuan siswa-siswa untuk berpikir kritis. Salah satu yang menajad kelebihan Problem Based Learning (PBL) adalah memberikan pelatihan kepada peserta didik agar memakai konsep, teori, prinsip, dan kemampuan yang dimiliki agar dapat menuntaskan suatu masalah yang muncul. Penggunaan metode pada penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dan studi pustaka. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah teknik refrensial. Referensi penelitian diperoleh dari buku dan penelitian-penelitian sebelumnya. Teknik penggumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Hasil dari penelitian ini, menjelaskan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis analisis teks iklan, slogan, dan poster di SMPN 15 Yogyakarta. Melalui penerapan model pembelajaran,Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan,kemampuan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

References


Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101.

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan MenggunakanModel Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175.

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 52–56.

Vitasari, R., Joharman, & Suryandari, Kartika Chrysti, S.Aries, E. F. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 4(3), 1–8. 0

Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152.

Yasinta, P., Meirista, E., & Rahman Taufik, A. (2020). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 129–138.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (https://kbbi.web.id/analisis) diakses pada 19 September 2021 pukul 13.05


Refbacks

  • There are currently no refbacks.