Pemanfaatan Microsoft Teams dan Video Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring

Delia Oktaviana, Puguh Wahyu Prasetyo

Abstract


Sejak tahun 2019 dengan adanya Covid-19 banyak memberikan dampak perubahan kehidupan tidak lain juga terhadap dunia pendidikan. Semenjak adanya Covid-19 pola pembelajaran berubah sangat drastis. Peraturan Pemerintah untuk meliburkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah mapun perguruan tinggi, namun pemerintah memberikan arahan  untuk tetap melakukan pembelajaran  tanpa tatap muka. Pengalihan pembelajaran tatap muka (offline ) berubah menjadi tanpa tatap muka (online) membutuhkan adaptasi dari pendidik maupun dari peserta didik. Pembelajaran tanpa tatap muka lebih dikenal sebagai pembelajaran dalam jaringan atau pembelajaran daring. Dengan menggunakan pembelajaran daring artinya pembelajaran tersebut dapat diakses dimana pun dan kapan pun. Media yang dipilih dalam penelitian ini adalah Microsoft Teams  dan video pembelajaran.  Kedua media tersebut digunakan dalam kegiatan pembelajaran di SMP N 12 Yogyakarta diantaranya untuk mata pelajaran matematika. Penyampaian materi menggunakan video pembelajaran berbasis masalah, salah satunya adalah materi Pola Bilangan.Materi yang disusun dengan basis masalah mendorong perserta didik mengamati yang kemudian hasil akhirnya adalah menyimpulkan hasil dari pengamatan yang dilakukan. Pemanfaatan Microsoft Teams  dan video pembelajaran sendiri dapat dijadikan sebagai alternatif kegiatan pembelajaran dimasa pandemi.

Full Text:

PDF

References


Luthfiana , T. & Indriyani. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dan Video Pembelajaran berbasis Problem Solving sebagai Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Era Pandemi Covid-19 Jurnal Siantara, 5(1), 16–20.

Yafita, A.M., (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Dengan Microsoft Teams Pada Pelajaran Matematika Materi Program Linear EDUKASIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 347–358.

Tri, H.W., (2021). Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran E-learning Bagi Guru Selama Pandemi Covid-1 DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 15–21.

Farit , P.P.K., & Maria, H.P.M. (2020). Pemanfaatan Video Untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Kontekstual Pada Topik Aljabar, 400–405


Refbacks

  • There are currently no refbacks.