Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Google Meet di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Siti Rohmana

Abstract


 

ABSTRAK

Adanya pandemi mengharuskan tiap sekolah melakukan pembelajaran secara daring guna memutus rantai penyebaran covid-19. Hal ini menimbulkan banyak permasalahan yang diakibatkan dari adanya pembelajaran daring salah satunya yaitu keaktifan siswa dalam belajar. Beberapa kendala dalam pembelajaran daring membuat siswa memiliki keterbatasan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan guru harus memiliki upaya untuk membuat proses pembelajaran sesuai dengan keadaan siswa serta membuat pembelajaran yang sekreatif mungkin agar membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan siswa dalam pembelajaran PPKn melalui Google Meet di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara secara daring. Hasil dari penelitian ini adalah Keaktifan siswa dalam pembelajaran PPKn menggunakan google meet di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta adalah masih kurang aktif. Hal ini di karenakan kurangnya respon siswa dalam bertanya ataupun mengemukakan pendapat dan sedikitnya siswa yang menyalakan camera pada saat pembelajaran daring. hal tersebut di sebabkan oleh beberpa faktor, antara lain; 1) Terbatasnya akses internet yang membuat siswa sering keluar masuk google meet, 2) Pengajar yang tidak bisa memantau siswa secara maksimal dalam pembelajaran, 3). Media yang dipakai pengajar kurang menarik sehingga siswa kurang antusias dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Istiqlal, Abdul. (2018). Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, Vol 3, No 2, September 2018.

Nasution, Toni. Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Siswa (Basic Concept Of Civil Engineering In Building Student Character). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Padli, Feri dan Rusdi. Respon Siswa dalam Pembelajaran Online selama Pandemi. Social Landscape Journal

Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Vol 1, No 2, Mei 2016.

Zalma. (2021). Proses Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Google Meet pada Mata Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi: Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.