Pemanfaatan Media Google Meet dalam PJJ pada Pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta

Nafisah Linda Amalia, Susena Jayasuwarna

Abstract


Pada tahun 2019 seluruh penjuru dunia telah menghadapi wabah virus Covid-19. Upaya pemerintah dalam menghentikan penyebaran virus ini salah satunya yaitu pemberlakuan pembatasan sosial atau biasa disebut dengan social distancing. Dengan adanya kebijakan tersebut maka proses pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka di kelas, sehingga memerlukan media virtual meet. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfatan media Google Meet dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran PPKn yang di laksanakan di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif yang diharapkan dapat mengungkap fakta secara komprehensif. Yang menjadi obyek dalam penelitian ini yaitu Pemanfaatan Media Google Meet Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini yaitu Siswa kelas X dan Siswa kelas XII di SMA Muhamadiyah 6 Yogyakarta. Teknik dalam penyusunan data menggunakan teknik observasi secara online dengan Google Meet dan Wawancara. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan dari teknik penyusunan data yaitu menggunakan instrument lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dengan teknik verifikasi atau penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan media Google Meet pembelajaran mudah diakses, materi yang disampaikan menjadi lebih jelas, siswa dapat mendengarkan Guru dalam menyampaiakan materi sehingga siswa menjadi mudah dalam memahami materi yang diberikan oleh Guru, siswa juga lebih aktif dalam pembelajaran, kendala yang dihadapi siswa dalam menggunakan media Google Meet ini yaitu jaringan yang kurang baik serta terbatasnya kuota siswa itu sendiri

Full Text:

PDF

References


Hasbi Assidiqi, Muhammad & Sumarni, Woro. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang.

Juniartini, N.M.E & Rasna, I.W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 9 No 2(10).

Narulita, Aprilia & Puspita Jati, Sintya & Ardi Winarta, Ravita Dewi. (2021). Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Google Meet Dan Zoom Meeting. Yogyakarta.

Sawitri, Dara. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume: 02.

Trisnawati. (2021). Penerapan Aplikasi Google Meet Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.