Pemanfaatan Poster pada Materi Pembelajaran Sistem Perkembangbiakan Hewan Siswa Kelas IX SMPN 7 Yogyakarta

Anita Rahmawati, Trianik Widyaningrum

Abstract


Media pembelajaran berkaitan erat dengan keberhasilan proses pembelajaran, sebagai seorang guru tentunya harus mampu membuat suatu media pembelajaran yang menarik, oleh karena itu salah satu alternatif untuk media pembelajaran adalah poster. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pemahaman konsep siswa, memberikan kemudahan pada siswa, mengetahui media pembelajaran yang tepat untuk suatu materi dan sebagai bekal bagi guru ataupun calon guru kedapannya dengan ruang lingkup penelitian yaitu siswa kelas IXC SMP Negeri 7 Yogyakarta dan materi sistem perkembangbiakan hewan. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan subjek yaitu siswa kelas 9C yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dan soal ulangan dengan materi pembelajaran system perkembangbiakan hewan.Hasil penelitian menunjukkan respon positif dengan persentase respon siswa sangat setuju yaitu 21% hingga 46% dan respon siswa setuju yaitu 50% hingga 71%, hal tersebut menandakan bahwa dengan adanya media pembelajaran poster dapat membantu memudahkan konsep.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Poster, Sistem Perkembangbiakan Hewan


Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2017). Perkembangan Teknologi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, 6(1), 69-83.

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69-80.

Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris. Getsempena English Education Journal, 4(02), 101-117.

Nasution, Z. (2017). Konsep Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam (Perseptif Al-Qur'an). Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 2(4), 38-50.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Santoso, H. B., & Subagyo. (2017). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 40-45.

Saufiah. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Perkembangbiakan Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Siswa Kelas VI SDN 1 Tanjung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Sagacious, 3(1), 31-36.

Subianto, I. B., Anto, P., & Akbar, T. (2018). Perancangan Poster Sebagai Media Edukasi Peserta Didik. Jurnal Desain, 5(3), 215-222.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. ISTIQRA', 5(2), 1-11.

Wahyuni, I., & Hidayat, N. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Poster di Bengkel. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1), 11-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.