Pemanfaatan Media Google Meet dan WhatsApp untuk Pembelajaran Daring Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Nurul Fadhila, Wachid Eko Purwanto

Abstract


Perubahan dalam proses pembelajaran dari tatap muka menjadi daring membutuhkan kesiapan dari berbagai pihak, baik dari lembaga, guru, siswa dan pihak yang terlibat lainnya gunakan untuk tetap mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien. Penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat penggunaan aplikasi Google Meet dan WhatsApp untuk pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian  yang telah dilakukan bahwa kedua aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran siswa dan dapat digunakan untuk berinteraksi secara langsung antara guru dan siswa secara daring. Tetapi juga dijumpai beberapa kendala ketika menggunakan Google Meet dan WhatsApp ini, antara lain: (a) pemanfaatan media pembelajaran yang belum maksimal, (b) koneksi internet yang kurang mendukung, (c) kondisi finansial yang berbeda, (c) beberapa siswa kurang displin dalam pembelajaran dan merasa bosan. Didalam sebuah kendala tentu saja sekolah berusaha atau mengupayakan yang terbaik dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang meringankan kendala tersebut. Dimasa pandemi ini tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran, dan proses pembelajaran tatap muka lebif efektif dibandingkan dengan daring.

 


Full Text:

PDF

References


Astuti, N., & Isnani, W. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring Di Era New Normal Pada Guru Sma Negeri 2 Dewantara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 445–457.

Munawaroh, A., Indrawari, K., Palembang, U. M., & Palembang, U. M. (2021). Implementasi pembelajaran melalui media whatshapp group ditinjau dari motivasi belajar mahasiswa (masa pandemic covid 19).

Paais, R. L. (2021). mix method . 6, 134–150.

Panditung, A. R. (2020). Implementasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid-19 di Tingkat SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 231–240. http://www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/198

Swasti, I. K. (2020). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING DENGAN PLATFORM WA , CR , M-Z DAN. 3, 342–351.

Yuliawati, D. R., & Artikel, I. (2021). Optimalisasi aplikasi whatsapp dan google meet untuk penyampaian materi pada pembelajaran jarak jauh.

Yulliyanti, L. (2021). Peningkatan Kompetensi Belajar Siswa Melalui Strategi Kolaborasi Komunitas dengan Pemanfaatkan Aplikasi Google Meet untuk Pembelajaran Daring yang Interaktif dan Komunikatif. 2(8), 1298–1308.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.