Google Meet, Sarana Pembelajaran Efektif Teks Cerita Fantasi di Kelas Khusus Olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta

Citra Putri Wijayanti, Sudarmini Sudarmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Google Meet secara efektif dalam kegiatan pembelajaran teks cerita fantasi, khususnya di kelas khusus olahraga VII D SMP Negeri 13 Yogyakarta. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya perbadaan yang cukup signifikan pada keaktifan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas dengan menggunakan sarana pembelajaran yang berbeda, yakni antara Google Classrom serta WhatsApp dan Google Meet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik observasi dan wawancara. Selanjutnya, data dianalisis melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berupa pemaparan secara deskriptif adanya keberhasilan guna pemanfaatan sarana Google Meet dalam kegiatan belajar mengajar KD 4.4 Teks Cerita Fantasi di kelas khusus olahraga VII D SMP Negeri 13 Yogyakarta, yakni dengan meningkatnya keaktifan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan mampu menjadi solusi atas keresahan guru dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya di kelas khusus olahraga.

Full Text:

PDF

References


Mulyasa. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Cetakan 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawan, W. (2019). Disarikan dari Direktori FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia: http://file.upi.edu/

Skobelev, & Borovik. (2017). On The Way from Industry 4.0 to Industry 5.0: from Digital Manufacturing to Digital Society. International Scientific Journal "Industry 4.0", 307—311.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, E. & Hendy T. (2020). The Factors Affecting Intention to Use Google Meet Amid Online Meeting Platforms Competition in Indonesia. Technologu Reports of Kansai University 62(06), Juli 2020, hh. 2829—2838.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.