Keefektifan Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Bagi Siswa SMK

Purwaningsih Purwaningsih, Abdul Ghofar

Abstract


Pandemi covid-19 hampir dua tahun terjadi di bumi kita ini, hampir semua Negara merasakan adanya covid-19 ini, seluruh siswa di Negara manapun melakukan pembelajaran secara online. Sekolah Menengah Kejuruan menerapkan pembelajaran secara online, salah satu platform yang sering digunakan pada saat pembelajaran adalah aplikasi WhatsApp grup dan google meet. Keefektifan pembelajaran daring dimasa sekarang perlu diperhatikan agar siswa mampu menyerap semua materi pembelajaran yang diberikan selama pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui keefektifan siswa SMK 2 Muhammadiyah Wates pada saat proses pembelajaran online berlangsung selama pandemi. (2) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pada saat proses belajar mengajar secara online menggunakan WhatsApp grup dan Google meet di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran menggunakan WhatsApp grup kurang efektif dalam proses belajar mengajar secara online karena banyaknya faktor kendala dan ketidakpastian edukasi teknologi.

Kata kunci : keefektifan belajar, pembelajaran online, pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Tinggi Direktorat Ketenagakerjaan.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru (Edisi Revisi). Jakarta: Rajagrafindo.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi Kedua). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thabrani, M. & Mustafa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.