Kendala Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Mila Nur Annisa

Abstract


Pandemi covid-19 hadir di tengah masyarakat mengguncang kegiatan pendidikan di Indonesia. Sebagai langkah untuk memutus rantai penularan virus pemerintah mengubah metode belajar yang semula belajar tatap muka di sekolah menjadi pembelajaran daring atau diluar jaringan tanpa bertatap muka. Penelitian dilakukan pada bulan September tahun 2021 di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Selama kegiatan pembelajaran daring terdapat beberapa kendala yang dirasakan oleh siswa dalam mengikuti pembelajaran dirumah sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala belajar yang dirasakan siswa selama kegiatan pembelajaran daring di rumah. Penelitian dilakukan dengan model survey analitis dengan instrument berupa kuisioner berisi pertanyaan mengenai kendala belajar yang dialami siswa dengan sampel sebanyak 22 orang yang berasal dari kelas 12 IPS 1. Hasil penelitian menyebutkan bahwa sebanyak 36,4 % siswa mengalami kendala terhadap biaya, 54,6 % kendala terhadap pengoperasian aplikasi, 45,5 % kendala terhadap jaringan internet, 50,0 % kendala terhadap media pembelajaran dan 9,0 %  siswa mengalami kendala terhadap keterbatasan perangkat elektronik.


Full Text:

PDF

References


Adkon, Riduwan. (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Brown, Mary Daniels. (2000). Education World: Technology in the Classroom: Virtual High Schools, Part 1. The voices of Experience. Url http://www.educationworld.com/a_tech/tech052.shtml

Feasey, Dave. (2001). E-Learning, Eyepoppingraphics, Inc. http://eyepopping.manilasites.com/profiles

Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. (2020). Educational technology as one of the terms for enhacing public speaking skills. Universidad y Sociedad, 12(2), hal 154-159.

Korucu, A.T and alkan, A. (2011). Differerences between m-Learning (mobile learning) and e-Learning, Basic Terminology and Usage of m-Learning in Education. Procedia – Social and Behavioral Science. Elsevier B.V., 15. Pp. 1925-1930

Risdianto, E., dkk. (2020). Teacher’s Perception of Thermodynamic Law Module Developed in Training through Student’s Critical

Thinking Skills. Journal od Social Work and Science Education, 1(1), 78-86

Rohma, S., dkk. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Proffesionalism toward Teacher;s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23

Setyorini, I. (2020). Pandemi Covid-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran pada Kurikulum 13?. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR). Vol. 1, No. 1, Hal. 95-102

Siahaan, Sudirman. (2002). "Studi Penjajagan tentang Kemungkinan Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran di SLTA di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya". Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. Tahun ke-8, No. 039. Jakarta: Badan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional

Sudaryono, Margono dan Wardani. (2013). Pengembangan Instrumen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.