Pembelajaran Tarikh Berbasis Teknologi Digital bagi Siswa SMP Muhammadiyah 1 Godean saat Pandemi

Muhammad Amirudin Rosyid, Muhammad Alif Kurniawan

Abstract


Pembelajaran tarikh dengan menggunkan teknologi digital merupakan pengalaman baru bagi pelaku pendidikan. Hal ini akan memunculkan beberapa problematika dalam penggunaannya, baik itu guru sebagai subjek pembelajaran atau siswa sebagai objek pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami 1) Peranan teknologi digital terhadap pembelajaran Tarikh, 2) Tantangan dan peluang pembelajaran tarikh berbasis teknologi digital di SMP Muhammadiyah 1 Godean pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif. Data yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan tempat penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Godean. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memperoleh data yang relevan dengan judul artikel ini. Teknologi digital yang memiliki peranan penting dalam pembelajaran tarikh khususnya di masa pandemi ini. Selain itu, penerapan pembelajaran tarikh berbasis teknologi digital memiliki tantangan tersendiri bagi guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 1 Godean. Namun dibalik itu semua ada peluang bagi guru dan siswa dapat digunakan sebagai metode pembelajaran yang lebih efektif dan effisien.

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Dai, D., & Lin, G. (2020). Online Home Study Plan for Postponed 2020 Spring Semester during the COVID-19 Epidemic: A Case Study of Tangquan Middle School in Nanjing, Jiangsu Province, China. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3555539

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Ely Novianti. (2020). Analisis Kebijakan Pembelajaran PAI di Masa Pandemi: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), hlm. 201-212.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Ilfan, M. I. F. (2019). Model Kurikulum Bahasa Arab Kelas X Studi Komparatif Kurikulum 2013 dan Kurikulum Ismuba. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 151–174.

Lexi, J., & M.A., M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin. PT. Remaja Rodaskarya. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Narbuko, C. (2013). Metodologi Penelitian. PT Remaja Rosdakarya.

Nindika, L. J., & Rachmadhani, F. (2020). Pembelajaran Tarikh Berbasis Kearifan Lokal Pada Kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 27–37. https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i1.2896

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Ramadhan, O. M., & Tarsono, T. (2020). Efektifitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui google classroom ditinjau dari hasil belajar siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 204–214. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12927

Setyawan, D., & Arumsari, A. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). EDUCULTURAL: International Journal of Education, Culture and Humanities, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33121/educultur.v1i2.30

Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Widiyanti, N., & Ansori, Y. Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdn Ciparay I Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 222–228. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/325

Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending Classes Without Stopping Learning: China’s Education Emergency Management Policy in the COVID-19 Outbreak. In Journal of Risk and Financial Management (Vol. 13, Issue 3, p. 55). Multidisciplinary digital publishing institute. https://doi.org/10.3390/jrfm13030055


Refbacks

  • There are currently no refbacks.