Media Belajar Poster Memotivasi Minat Belajar Peserta Didik SMP Muhammadiyah 1 Gamping

Verla Ardiani, Trianik Widyaningrum

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi seluruh aktivitas masyarakat, terutama bagi sector pendidikan di Indonesia. Keadaan tersebut mengakibatkan terjadinya pengalihan pembelajaran tatap muka disekolah menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring) di rumah, sehingga memerlukan berbagai media pembelajaran yang menarik seperti poster. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran poster sebagai motivasi minat belajar peserta didik pada masa pandemi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian survey deskriptif menggunakan angket (kuisoner) online yang disebarkan melalui WhatsApp group. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII-C SMP Muhammadiyah 1 Gamping yang berjumlah 34 peserta didik. Materi pembelajaran yang digunakan adalah klasifikasi makhluk hidup. Hasil penelitian menunjukan bahwa poster dianggap sebagai media pembelajaran yang memotivasi minat belajar online peserta didik SMP Muhammadiyah 1 Gamping pada pelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup dengan persentase persetujuan sebesar 92,346%.

Full Text:

PDF

References


Abdullah., Herpratiwi., & Tarkono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Modul Interaktif Konsep Dasar Kerja Motor 4 Langkah Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tanjung Karang. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. 1(1). 1-15. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/11856

Adijaya, N., & Santosa, L.P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. WANASTRA: Jurnal Bahasa dan Sastra. 10(2). 105-110. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/download/3931/2647

Amalia, R.U., Isnaeni, B., Purwati & Hanafi, Y. (2020). Analisis Kendala Peserta Didik Dalam Pembelajaran Online Materi Biologi di SMP Negeri 3 Bantul. BIO EDUCATIO: The Journal of Science and Biology Education.592). 10-15. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/download/2422/2043&ved=2ahUKEwjLt7fTroXzAhXHdCsKHd9MAmMQFnoECAoQAQ&usg=AOvVaw2RBftiK1ScUUbNL_70916R

Dityatulloh, S.R., & Santosa, A.B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Pada Mata Pelajaran Sensor Dan Aktuator Kelas XI TEI SMK Negeri 1 Labang Bangkalan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 7(2). 166-173. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/230727926.pdf&ved=2ahUKEwjhiYD7h43zAhWaV30KHSxxAGgQFnoECCAQAQ&usg=AOvVaw2tOKv0nitNIMmEB0LsYd5L

Djonnaidi, S., Wahyuni, N., & Nova, F. (2021). Pengaruh Media Poster Digital Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Terhadap Kemampuan Berbicara Mahasiswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran. 8(1). 38-46. http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12021p038

Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A.S., Loka, C., Goesvita, P.P.I., Aghata, P.S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan. 9(2). 7-14. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811

Munir. (2010). Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung : Alfabeta.

Sadikin, A., & Afreni, H. (2020). Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2). 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Zulhelmi., Adlim., & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1). 72-80. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8414/6803


Refbacks

  • There are currently no refbacks.