Potret Keaktifan Siswa Selama Pembelajaran Daring dengan Mengoptimalkan Aplikasi WhatsApp

Tashia Nur Fabiola, Harina Fitriyani, Siti Bahiroh

Abstract


Keaktifan siswa SMP selama pembelajaran daring di masa pandemic Corona merupakan topik bahasan yang menarik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memotret keaktifan siswa yang mengikuti pembelajaran daring dengan mengoptimalkan aplikasi whatsapp. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini didesain menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa  kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Yogyakarta yang berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dalam pengumpulan tugas dan dianalisis dengan statistic deskriptif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat rata-rata27siswa yang mengumpulkan tugas dan mengirimkan voice note kehadiran, dan 20 siswa yang mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 75 % siswa aktif mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid 19. Jurnal Paedagogy , 7(4), 258-269.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Pedadogy , 7(4), 281-288.

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam MataKuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP KusumanegaraJakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97

Emerald Kristalia Dewi, H. N. (2020). Identifikasi Tingkat Keaktifan Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika melalui Daring pada masa pandemi Covid 19. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika , 78-84.

Gusti Ayu Dewi Setiawati, N. W. (2020). POTRET PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WHATSAPP, GOOGLE CLASSROOM, DAN YOUTUBE DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar, (hal. 225-230).

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika DenganPenggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam PembelajaranJarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).

Okti Desta Tri Maharani dan FirosaliaKristin. 2017. PeningkatanKeaktifan dan Hasil Belajar IPSMelalui Model PembeljaranKooperatif Tipe Make A Match,Wacana Akademika, 1-6.

Pustikayasa, I. m. (2019). Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu , 53-62.

Nur, A. S. (2021). POTRET PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI: TANTANGAN DAN PELUANG. J U P I T E K Jurnal Pendidikan Matematika , 27-35.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quizziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Journal Paedagogy , 7(3), 145-150.

Rr Kuntie Sulistyowaty, F. F. (2020). PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA JARAK JAUH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 14-24.

Sasanti, R. D. (2020). Pengajuan Masalah berantuan Edmodo Sebagai Upaya Meningkatkan Siswa di Era Pandemi Covid 19. EULER : Jurnal Ilmiah Matematika Sains dan Teknologi , 60-69.

Silvia Harleni, A. A. (2021). Hubungan Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar Matematika siswa kelas VIII Pada Masa Pandemi COVID 19 DI SMP N 2 SATU ATAP BATA SERANGAN. Jurnal Serunai Matematika , 74-80.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yulianto, E., Cahyani, P. D., & Silvianita, S. (2020). PerbandinganKehadiranSosialdalamPembelajaran Daring MenggunakanWhatsapp group dan Webinar Zoom BerdasarkanSudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. 3(2), 331–341.

Zaenab. (2021). Kolaborasi Zoom dengan WAG Sebagai Potret Merdeka Belajar Pada Masa New Normal di SMK Negeri 4 Gowa. Jurnal Paedagogy , 24-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.