Profil Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi

Khasna Salma Atsila, Fariz Setyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi matematika siswa kelas enam di SD Negeri Pamijen 02 serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ruang lingkup penelitian ini adalah siswa kelas enam di SD Negeri Pamijen 02, pengujian dilakukan menggunakan aplikasi AKSI sekolah. Penelitian ini menggunakan metode campuran dimana data diambil dari hasil uji coba AKSI pada bagian tes numerasi untuk kelas enam kemudian dilakukan wawancara sederhana. Hasilnya diperoleh nilai siswa pada tes numerasi masih rendah dengan rata-rata nilai 26,65. Nilai terendah yang diperoleh sebesar 17 dan tertingginya 40, dari hasil wawancara kepada siswa diketahui saat pemberian tugas, siswa hanya menulis jawaban akhirnya saja, sehingga kurang mampu menganalisis soal secara mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa masih perlu lebih banyak latihan soal yang berkaitan dengan numerasi, pendidik masih perlu mengeksplor soal AKM Numerasi dan mengajarkannya secara sistematis, sebaiknya setiap penugasan disertai arahan agar siswa menunjukkan pula analisis penyelesaian masalah matematika.

Full Text:

PDF

References


Amieni, A., Zulkardi, Z., & Ratu, I. I. P. (2020). KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII BERDASARKAN KOGNITIF PENALARAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar. UMMPress.

Fitriyani, H., Setyawan, F., Hendroanto, A., & Istihapsari, V. (2021). Describing student’s mathematical power: Do cognitive styles make any difference. Bulletin of Applied Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 39.

Hendroanto, A., Istiandaru, A., Syakrina, N., Setyawan, F., Prahmana, R. C. I., & Hidayat, A. S. E. (2018). How students solves PISA tasks: An overview of students’ mathematical literacy. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(2), 129-138.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.

Masrizal, M. (2012). Mixed Method Research. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 6(2), 53-56.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61-66.

Mustaqim, M. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif/Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Nurutami, A., & Setyawan, F. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Konten PISA. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 11-20.

Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Retrieved from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/frontpage/detail

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62.

Saragih, E. N. (2021). Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar. Deepublish.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). PROFIL KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DI MASA PANDEMI COV-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 253-261.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.