Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Lathifah Iswara, Fariz Setyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor penyebabnya ketika menyelesaikan sosal pecahan. Metode yang digunakan adalah kualiatatif deskriptif. Bentuk kesalahan fakta yang dilakukan siswa yaitu belum menuliskan tanda operasi seperti penjumlahan (+) dan sama dengan (=) serta penulisan tanda (-) dalam mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Kesalahan konsep yang terjadi antara lain menjumlahkan penyebut untuk memperoleh penyebut yang sama serta menjumlahkan pembilang dengan penyebut untuk mendapatkan nilai pembilang, mengalikan pembilang dengan penyebut pecahan kedua begitu juga sebaliknya untuk medapatkan pembilang pecahan senilai, mengurangkan pembilang dengan pembilang dan mengurangkan penyebut dengan penyebut, dan pembilang dan penyebut saling dijumlahkan atau dikurangkan. Kesalahan prinsip yang dialami siswa adalah ketidaktahuan mereka dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan, belum paham mengenai KPK, dan belum hafal perkalian. Sedangkan kesalahan operasi yang dilakukan siswa yakni ketidaktelitian ketika menghitung nilai baik perkalian maupun dalam menuliskan pecahan.

Full Text:

PDF

References


Agung Herutomo, R., & Mulyono Saputro, T. E. (2014). Analisis Kesalahan Dan Miskonsepsi Siswa Kelas Viii Pada Materi Aljabar. Edusentris, 1(2), 134. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i2.140

Ainin, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Matematika Pada Kelas XI. Euclid, 7(2), 137. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3122

Damayanti, N. W., & Mayangsari, S. N. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3389

Lestiana, H. T., Rejeki, S., & Setyawan, F. (2017). Identifying Students’ Errors on Fractions. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 131–139. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3396

Muchlis, E. E. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Materi Integral Lipat di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 265–272. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-40.pdf

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT Grasindo.

Radatz, H. (1979). Error Analysis in Mathematics Education. Journal for Research in Mathematics Education, 10, 163–172.

Rahayuningrum, A., & Setyawan, F. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V SD Dalam Menyelesaikan Masalah Sehari-Hari Yang Berkaitan Dengan Operasi Hitung Pecahan. Pendidikan Matematika,FKIP,Universitas Ahmad Dahlan Yokyakarta, 317–325.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Raufany, G., & Solfitri, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 2 Pekanbaru Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Rasional dan Irasional. 2(November), 2–5.

Romli, M. (2017). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan Sma Dengan Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JIPMat, 1(2), 145–157. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1241

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada operasi hitung pecahan pada siswa kelas v sdn pengawu, 11(2), 129–144. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3760/2754. 11(2), 129–144. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3760/2754

Sudaryono. (2016). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (edisi pert). KENCANA.

Sukardjono. (2007). Filsafat dan Sejarah Matematika. Universitas Terbuka.

Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Nugraheni, P., Hernowo, H., & Setyawan, F. (2019). The problems of teaching fractional arithmetic operations for disabled student using Realistic Mathematics Education. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012030

Susanah. (2014). Matematika dan Pendidikan Matematika. Strategi Pembelajaran Matematika, 50, 44. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4725

Wulandari, T., & Resta, E. L. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran. Jurnal Pendidikan Tembusai, 2(6), 1693–1697.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.