Kendala Orangtua Mendampingi Anak Belajar Daring Selama Pandemi COVID-19 Berdasarkan Sektor Kerja Orangtua

Badriyah Munawaroh, Intan Puspitasari

Abstract


Abstrak: Pandemi COVID-19 mengakibatkan perubahan sistem pembelajaran yakni menjadi pembelajaran daring. Di TK ABA Kauman Yogyakarta pembelajarannya sangat fleksibel, namun tidak semua anak ikut serta dalam pembelajaran baik via Google Meet/Zoom maupun WhatsApp. Tujuan penelitian untuk mengetahui kendala orangtua dalam mendampingi anak belajar daring selama pandemi COVID-19 berdasarkan sektor kerja orangtua. Analisis kendala dibagi berdasarkan sektor kerja orangtua karena ingin mengetahui kendala yang muncul berdasarkan sektor kerja orangtua yang berbeda-beda. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan kuisioner terbuka terhadap 10 orangtua dari kelas B3 TK ABA Kauman Yogyakarta. Hasil kuesioner terbuka ditemukan ada beberapa sektor kerja orangtua yakni sektor rumah tangga, sektor kesehatan, sektor pendidikan dan sektor perdagangan. Hasil penelitian menunjukkan kendala orangtua dalam mendampingi anak belajar daring selama pandemi COVID-19 berdasarkan sektor kerja orangtua yakni boros dalam penggunaan kuota, jaringan internet yang tidak stabil, kesulitan membagi waktu bekerja, mengasuh anak dan mendampingi anak belajar, anak kurang bersemangat dalam belajar, dan kesulitan anak dalam menyelesaikan tugas.

 


Full Text:

PDF

References


Ali, N. (2020). Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Hafalan. Annual Conference on Islam Education and Thought, 1, pp. 136-144.

Citra, M. E., & Arthani, N. L. (n.d.). Peranan Ibu Sebagai Pendamping Belajar Daring Bagi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Peranan Perempuan/Ibu dalam Pemberdayaan Remaja di Masa Pandemi COVID-19 (pp. 71-79). Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Gilang, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Banyumas: Lutfi Gilang.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71-81. doi:https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Lisnani. (2021). Dinamika Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. In H. Wijoyo, A. R. Rakhmatullah , D. I. Dewi, D. Haryati, Suryanti, I. Indrawan, . . . I. Irzawati , Dampak Pandemi Terhadap Kehidupan Manusia Ditinjau Dari Berbagai Aspek. Selayo: Insan Cendekia Mandiri.

Lubis , L. H. (2021). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Selama Pandemi . Tarbiyah Bil Qalam Jurnal Pendidikan, Agama, dan Sains, 13-23.

Nofianti, R. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendamingan Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Di Masa Pandemic Covid-19 Di TK Islam Ibnu Qoyyim. Jurnal Abdi Ilmu, 13(2), 19-30.

Satgas. (2021, Agustus 25). Data Vaksinasi COVID-19. Retrieved from Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 935-944. doi:10.31004/obsesi.v6i2.1119

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772-782. doi:10.31004/obsesi.v5i1.705

Wulandari, M. A., Arga, H. S., & dkk. (2020). Analisis Pembelajaran "Daring" Pada Guru Sekolah Dasar Di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi,, 7(2), 164-168.

Yuliantina, I. (2021). Kebijakan Pendidikan Darurat. In I. Yuliantina, Menyiapkan Satuan Paud Dalam Kondisi Darurat. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.