Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Hani Tria Damayanti, Yazida Ichsan

Abstract


Penyebaran virus covid-19 ini sangat berdampak pada dunia pendidikan, kesehatan dan ekonomi yang juga menurun. Sehingga dalam bidang pendidikan menggunakan proses pembelajaran dengan daring atau online, dan ketika proses pembelajaran secara daring ini banyak juga peserta didik yang minat belajarnya menurun. Agar dapat meningkatkan kembali minat atau motivasi peserta didik yang turun menjadi meningkat. Dan peran guru dalam pembelajaran salah satunya ialah sebagai motivator yang baik bagi peserta didiknya.

Full Text:

PDF

References


Adhetya, Cahyani, Iin Diah Listiana, & Sari Puteri Deta Larasati. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. 3(01), 123-140

Andaru Werdayati, (2008). “Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa, ” Dinamika Pendidikan 3, no 1

Hayati, N. (2020). Metode Pembelajaran daring/ E-learning yang efektif. Metode Pembelajaran E Learning, 9.

Idzhar, Ahmad. (2016). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221 228

Winditiya, Yuliana, M. (2020). Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Pandemi Covid-19 Di Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8.

Winarsieh, Indah, & Itsni Putri Rizqiyah. “Peranan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19”. Indonesian Juornal of teacher Education. 1(4), 159-164

Molinda, M. (2005), Instructonal Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio

Pujiogjayanti, Clara, R, Konsep Diri Dalam Pendidikan, Jakarta: ARCAN, 1988.

Purnama, Diana Septi. "Teacher’s Effort in Developing Student’s Learning Discipline." Universitas Negeri Yogyakarta, 2018

Heri, “Pengertian Guru: Definisi, tugas dan juga peran guru dalam pendidikan”, diakses dari https://salamadian.com/pengertian-guru/, diakses pada tanggal 7 Juli 2019

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka cipta. 5

Sukitman, Tri, Ahmad, Yazid, & Mas’odi, M. (2020). Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi

Suhaemi, Aulida, N. (2020). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DARING DI ERA PANDEMI COVID-19. In Seminar Nasional Ilmu pendidikan dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3). ISBN: 978-623-6566-35-0.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.