Menganalisis Permasalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pajangan dalam Pembelajaran Daring

Mukhbita Siwi Mustikawati

Abstract


Kasus covid-19 masih belum mereda, hal ini sangat berdampak pada dunia pendidikan. Terlihat pada saat ini sekolah masih ditutup, mengakibatkan siswa hanya belajar dari rumah dan menerima materi tidak semaksimal ketika belajar di sekolah. Maka dari itu perlunya strategi dari guru untuk mempermudah siswa dalam menerima materi selayaknya saat berada di sekolah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru dengan mengadakannya kunjungan rumah siswa atau homevisit, dengan begitu guru dapat mengetahui cara belajar siswa saat dirumah dan juga mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran. Dalam artikel ini dipaparkan mengenai kegiatan homevisit yang dilakukan oleh mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman dan pendampingan belajar siswa, setelah dilakukannya wawancara dengan guru terkait.

Full Text:

PDF

References


Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561.

Haqiqi, A. K. (2018). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 6(1), 37-43.

Haryatni, A. P. (2014). Identifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada siswa SMP Negeri 5 kota Jambi. Skripsitidak diterbitkan. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Nurani, C. (2021). PELAKSANAAN HOME VISIT DALAM MEMBANTU PENYELESAIAN MASALAH SISWA DI SMP NEGERI 8 BANJARMASIN.

Sholeh, A. (2021). Implementasi Pendekatan Home Visit Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemic Covid–19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(1), 80-89.

Wiguna, S., & Al Qadri, M. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1), 61-71.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.