Upaya Peningkatan Minat Baca Siswa SMP N 4 Ngawen Melalui Gerakan Literasi Pra-KBM

Syifa Eka Nursanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana kegiatan literasi 15 menit sebelum pembelajaran , mengetahui upaya dalam meningkatkan minat baca siswa dan hambatan serta usaha yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa di SMP N 4 Ngawen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Subjek penelitian yaitu Kepala sekolah, guru, siswa dan mahasiswa kampus mengajar yang ditempatkan di SMP N 4 Ngawen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi dan menulusi artikel-artikel terdahulu.. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa Kegiatan literasi 15 menit sebelum pembelajarn memberikan dampak positif terhadap minat membaca siswa. Hambatan dalam kegiatan literasi secara daring ini yakni kurangnya kedisiplinan siswa dan kendala sinyal serta kuota internet pada siswa. Dengan adanya hambatan tersebut, maka usaha guru dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu memberikan sosialisasi kepada siswa mengenai kegiatan literasi agar kedepannya kegiatan literasi lebih disiplin, mengadakan berbagai perlombaan yang berkaitan dengan literasi di hari nasional seperti pada hari guru, pahlawan dan lainnya guna memberikan wadah untuk siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan literasi.

Full Text:

PDF

References


Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60.

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.