Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Power Point Kelas 4 SD Muhammadiyah Demangan

Toyib Aghina

Abstract


Pada saat ini pendidikan di Indonesia mengalami banyak perubahan sejak adanya penyebaran pandemi Covid-19. Adanya penyebaran Covid-19 ini menjadi sebuah tantangan bagi lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. Pemerintah memberlakukanĀ  kebijakan yaitu dengan pembelajaran dari jarak jauh atau daring untuk mengurangi penyebaran Covid-19 tersebut. Sehingga aktivitas guru dan siswa menjadi terbatas dan harus menyesuaikan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan media power point dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Demangan, Yogyakarta pada kelas 4 materi IPA tentang energi dengan media power point. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner, dengan mengisi kuisioner dari link google form yang dikirim melalui whatsapp grup kelas 4. Hasil yang didapatkan dari penelitian dan pembahasan adalah pembelajaran daring dengan menggunakan media power point efektif bagi siswa dalam memahami materi IPA tentang energi yang diberikan oleh guru.


Full Text:

PDF

References


Handayani, N.A., & Jumadi. (2020). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. JPSI 9(2):217-233, 2021.

Mulyana, Dkk. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19. Jakarta: Litbangdiklat Press.

Purwanti, L., Dkk. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal of Biology Education. Vol 3 No 2 (2020) halaman 158.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 214-224.

Simarmata, K., Dkk. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol. 4 No. 2 Juli 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.