Penerapan Kurikulum-13 Berbasis Sekolah Ramah Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 15 Yogyakarta

Luthfi Musyafaurrozi, Puguh Wahyu Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui implementasi kurikulum-13 dengan basis sekolah ramah anak baik secara umum dari lingkungan persekolahan maupun secara khusus implementasi dalam KBM di kelas. Metode dalam penelitian yakni deskriptif kualitatif dengan hasil penelitian bahwa. 1) Sekolah sudah menerapkan program Ramah Anak secara umum didukung dengan berkomitmen perihal kebijakan,sarana prasarana sekolah yang memadai . 2) Implementasi kurikulum-13 pada pelajaran matematika pada masa pandemi di SMPN 15 Yogyakarta diimplikasikan dengan pembelajaran yang nyaman, riang, hak anak terpenuhi, kelas yang aman, aspiratif dan komunikatif, serta dalam pembelajaran daring kali ini tidak memaksakannya ketuntasan kurikulum di masa pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Deputi, A., & Hak, P. (2014). Kebijakan Pengembangan Sekolah Ramah Anak. KPPAI, Ed.). Jakarta.

Sugiono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitati; Kualitatif dan R&D (Alfabeta).

Yahfenel Evi Fussalam, E. (2018). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (K13) SMP NEGERI 2 SAROLANGUN. Muara Pendidikan, 3(1), 46–47. http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/49/8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.