Persepsi Siswa terhadap Media Pembelajaran Leaflet pada Materi Sintesis Protein Kelas XI SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta

Aldina Setyaningsih, Yahya Hanafi, Arif Budiman

Abstract


Penggunaan leaflet dalam penelitian ini disebabkan kurangnya kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran, kurangnya motivasi belajar siswa dan kurangnya ketertarikan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran leaflet pada materi Sintesis Protein siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan instrumen yang digunakan adalah angket  mengenai respon siswa dengan pertanyaan terbuka dan menggunakan Skala Likert. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan membandingkan hasil penelitian dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan angket respon persepsi siswa terhadap media pembelajaran leaflet pada materi sintesis protein kelas XI IPS mendapatkan persentase rata-rata secara keseluruhan sebesar 69,5% yang termasuk dalam kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Adam, S., & Syastra, T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3 (2), 78-90.

Ahmadi dan Uhbiyati. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Akyas, A. (2004). Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: PT Mizan Publika.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Pers.

Hadari, N. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Irnaningtyas. (2015). Biologi untuk SMA/MA Kelas XI,Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga.

Jasuman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13-20.

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2016). Characteristic of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing & Health. 40 (1), 23-42.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maimunah, David, E. M., & Dian, B. K. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.(Online).(http://ojs.amikom.ac.id/index. php/semnasteknomedia/article/view/179 5, diakses tanggal 24 Juli 2017).

Mulyawati, R., Tuti, K., & Milla, L. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Search, Solve, Create And Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Arthopoda. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi.

Pralisaputri, K. R., Heribertus, S., & Chatarina, M. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal

Geo Eco, 2 (2), 147- 154.(Online).(http://www.jurnal.fkip.uns .ac.id/index.php/index/index, diakses tanggal 23 Juli 2017).

Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wahana Prima.

Tindaon, R.L. (2017). Pengaruh Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (Kie) Melalui Media Leaflet dan Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Paparan Pornografi Di SMP Negeri 1

Sidamanik Kec. Sidamanik Kab. Simalungun Tahun 2016. JUMANTIK, 3(1), 44-64.

Uno, H. B. (2011). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Weni. (2016). Pengembangan Leaflet Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Hidrosfer Berbasis 3D Pop-Up Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri 01pujon. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi Tidak diterbitkan. http://etheses.uin-malang.ac.id/3840/1/12130009.pdf. Diakses 19 Mei 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.