Pemanfaatan Media Pembelajaran Poster pada Materi Tingkat Keanekaragam Hayati Kelas X IPA SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta

Galuh Ajeng Permatasari, Yahya Hanafi, Arif Budiman

Abstract


Media pembelajaran poster pada materi tingkat keanekaragaman hayati bermanfaat terhadap kegiatan pembelajaran biologi dan merangsang minat baca. Dilakukan penelitian guna mengetahui pemanfaatan poster sebagai media dalam proses pembelajaran Tingkat Keanekaragaman Hayati siswa Kelas X IPA SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta, sehingga menimbulkan pembelajaran yang efektif, memudakan peserta didik dalam memahami materi. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik kuisioner, dengan instrument angket mengenai respon peserta didik dengan pertanyaan terbuka dan menggunakan Skala Likert. Analisis data secara deskriptif kuantitatif yaitu hasil penelitian dibandingkan dengan kriteria yang ada. Pada penelitian diperoleh berdasarkan hasil angket terhadap pemanfaatan media poster materi tingkat keanekaragaman hayati mendapatkan persentase rata-rata 64,4% yang termasuk dalam kategori baik.

Full Text:

PDF

References


Aprisiwi, R. C., & Sasongko, H. (2014). Keanekaragaman Sumber Makanan Umbi-Umbian di Pringombo Gunung Kidul Yogyakarta Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEMASI_PBIO, 1(1), 11-15.

Hudayani, A., Daningsih, E., & Titin. (2017). Kelayakan Media Pembelajaran Poster Kandungan Gizi Buah Alpukat dan Buah Naga pada Sub Materi Zat Makanan. Journal Untan, 6(4), 1-10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19760/16256

Irnawati. (2018). Pengembangan Media Poster Berbasis Skematis Pada Materi Sistem Gerak Manusia di Kelas XI MIA SMA Negeri 8 Jeneponto. Skripsi, 1-246.

Jannah, F. Z., Serevina, V., & Astra, I. M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Fisika Fluida Statis Berbasis Lingkungan Dalam Bentuk Poster Photoscrap. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 15-18. http://dx.doi.org/10.21009/0305010204

Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra. (2020). Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, Dan Warna. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 121-126.

Maruka, S. R. (2018). Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Poster Pada Majalah Dinding Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 1-9.

Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris. Getsempena English Education Journal (GEEJ), 4(2), 101-117. https://doi.org/10.46244/geej.v4i2.738

Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi "Perubahan Wujud Zat Benda" Kelas V di SD N Sarakan II Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117-134. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i1.1282

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulistyono, Y. (2015). Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Ilmiah Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Varia Pendidikan, 27(2), 208-215. 10.23917/varidika.v27i2.1402

Taluke, D., M Lakat, R., & Sembel, A. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Mangrove di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial, 6(2), 531-540.

Urwati, K., Ernita, N., & Yahdi, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Hukum Newton Kelas X di MA Darul Muhajirin Praya. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 203-215. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7673

Yetti, I., Muna, N., Yanti, N. V., & Syukriah. (2016). Keanekaragaman Serangga Pada Perdu di Kawasan Rinon Pulo Breuh Kabupaten Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasioanl, 4(1), 126-129.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83-90. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641


Refbacks

  • There are currently no refbacks.