Analisis Persepsi Siswa terhadap Pelatihan Dasar Laptop dan Latihan Soal Literasi Numerasi Guna Menghadapi Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum Kelas 5 SD Negeri 6 Jimbung

Uswatun Khasanah, Yahya Hanafi, Febri Kusumaningtyas

Abstract


Menghadapi AKM (Asesmen Kompetensi Mandiri) pastinya ada banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah teknologi dan latihan soal literasi numerasi. Namun, kebanyakan siswa yang duduk di bangku SD mayoritas belum dapat mengoperasikan laptop dan masih banyak yang tidak memilikinnya, serta kemampuan literasi dan numerasi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif siswa terhadap pelatihan dasar laptop dan latihan soal literasi numerasi guna mempersiapkan pelaksanaan AKM di SD Negeri 6 Jimbung, yang terletak di Dusun Ngembel, Dusun VI, Jimbung, Kec. Kalikotes, Kabupaten Klaten. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitaif. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 10,18,25 Agustus dan 1 september 2021.  Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Jimbung dengan sampel penelitian berjumlah 23 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 13 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan instrument berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitaif yaitu dengan membandingkan hasil penelitian dengan kriteria yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian, siswa memiliki skor rata-rata sebesar  60-80% dan 80%-100%, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pelatihan laptop dan latihan soal literasi numerasi guna menghadapi AKM dalam kategori baik dan sangat baik. 


Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol 9(02): 237–247.

Bagus, I., Ketut, Q., & Putu, N. 2020. Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi di Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk. Jurnal Karya Abdi. Vol (1): 270-275.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol 3(1): 93.

Cahya, D., Septiana, R., & Dyah, I. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar. Jurnal Varidika. Vol 33(1): 54-62.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education8th edition. New York: Mc Graw Hill.

Fuadi, H., Annisa, Z., Jamaluddin., & Abdul, W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol 5(2): 108-116.

Juhairiyah. (2017). Assesmen konten isi bidang studi. Jurnal Pedagogik. 4(1), 62–80.

Linda, Putu., & Gede, Surya. (2018). Pelatihan Ms.Word Pada SDN 1 Gulingan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo. Vol 2(1): 8-13.

Nugraha, D., & Anggaraini, Y. (2019). Digitalisasi Pembelajaran Di Sekolah Pedalaman (Implementasi Pembelajaran Berbasis Komputer di SD Bina Dharma Muara Tiga dan Kebun Sentral Sumatera Utara). Jurnal Pendidikan Dasar Setibudi. Vol 3(1): 1-11.

Perdana, R., & Meidawati, S. (2021). literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Mathematics Journal. Vol 3(1): 9-15.

Resti, Y, and E S Kresnawati. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu Ii Palembang. Jurnal Pendidikan. Vol 3:18–19.

Ridwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sudianto., & Kisno. (2021). Potret Kesiapan Guru Sekolah Dasar dan Manajemen Sekolah Dalam Menghadapi Asesmen Nasioanl. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol 10(10).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, Rahayuda., & Putu, Linda. (2018). Pelatihan Ms. Word pada SDN 12 Pegayungan. Jurnal Ilmiah Populer. Vol 1(1): 7-12.

Wibowo, A., Bintang, N., Eri, B., & Fadhli, N. (2021). Pelatihan Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan dan Motivisa Belajar Anak-Anak YATIM di Rumah yatim bekasi. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian Kepada Maasyarakat) UBJ. Vol 4(2): 132-240.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.