Peran Motivasi Guru Terhadap Pengalaman Belajar Kelas IV SD Muhammadiyah Demangan

Anenggar Dewi Puspita

Abstract


Dalam suatu tatanan negara banyak bidang yang berperan dalam menentukan suatu kualitas dari individu yang dihasilkan suatu negara tersebut.Salah satu bidang yang berperan dalam menghasilkan individu yang berkualitas adalah bidang pendidikan. Perkembangan individu atau siswa dalam sekolah dapat dilihat dari bagaimana suatu siswa dapat memiliki motivas belajar dan semangat belajar setiap siswa tersebut akan memulai suatu pembelajaran yang dilaksanakan sekolah.Motivasi belajar ini akan berperan dalam melihat bagaimana pengalaman yang didapat siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dan prestasi belajar.Pada penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian yaitu pendekatan deskriptif kualitatif.Hasil dari data google from tersebut terdapat 20 siswa merespon pengalaman belajar yang rata-rata menjawab proses pembelajaran yang dilakukan menyenangkan bagi mereka.Terdapat 2 siswa yang merespon proses pembelajaran yang dilakukan guru kurang memuaskan.Terakhir terdapat 5 orang siswa yang tidak mengisi google from.Dapat disimpulkan bagaimana guru mendesain pembelajaran.Pada penelitian ini disimpulkan bahwa peran bagaimana guru memotivasi siswa dalam pembelajaran berperan membentuk pengalaman belajar.

 

 


Full Text:

PDF

References


Cahyani, A.DKK. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Mustika, N. P., & Royanto, L. R. M. (2021). Peran motivasi sebagai mediator antara kesiapan belajar daring dan pengalaman belajar mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Ulayat. https://doi.org/10.24854/jpu187

Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Cahyani, A.DKK. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Mustika, N. P., & Royanto, L. R. M. (2021). Peran motivasi sebagai mediator antara kesiapan belajar daring dan pengalaman belajar mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Ulayat. https://doi.org/10.24854/jpu187

Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497


Refbacks

  • There are currently no refbacks.