Implementasi Pembelajaran Tarikh dengan Media Google Classroom di SMP Muhammadiyah 1 Depok

Nurfadila Nurfadila, Fadhlurrahman Fadhlurrahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui bagaimana penerapan pembelanarn Tarikh dengan media Gooogle Classroom serta apa saja kendala yang dihadapi oleh guru, peserta didik serta orang tua dalam kegiatan Belajar dari Rumah (BDR)  di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan observasi, wawancara ddan dokumentasi. Pertama penulis melakukan reduksi data dengan menyederhanakan dan memfokuskan data agar tersaji secara detail. Kedua, penulis menyajikan data yang telah direduksi terlebih dahulu sehingga mudah untuk menarik kesimpulan. Ketiga, penulis menarik kesimpulan dari beberapa data yang telah tersaji secara kredibel. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis mengenai perencanaan pembelajran tidak begitu berjalan dengan lancar dan tidak semaksimal yang guru harapkan. Dengan memanfaatkan media Google Classroom akan memudahkan guru dan peserta didik dalam kegiatan BDR. Namun, hal itu tidak menambah pemahaman siswa terutama pada materi Tarikh. Adapun kendala-kendala yang dialami selama kegiatan pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 1 Depok yaitu mengenai masalah jaringan internet dan paket data atau kuota yang menjadi alasan siswa untuk tidak mengikuti kegiatan pembelajran, kemudian mengenai kekhawatiran orang tua atau wali siswa terhadap anak karena sering menggunakan handpone ataupun laptop. Dan yang terakhir adalah kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Mardiana, T., & Purnanto, W. A. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. University Research Colloquium, 183–188. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/download/1582/701.

Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Melalui Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8–12. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.459.

Ramadhan, O. M., & Tarsono, T. (2020). Efektifitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui google classroom ditinjau dari hasil belajar siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 204–214. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12927.

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.


Refbacks