Kreativitas Guru dalam Mengoptimalkan Minat Belajar Siswa di SD Kanisius Ngapak II

Diva Putri, Mukti Sintawati

Abstract


Pandemi covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar siswa sekolah dasar dilakukan secara daring. Kemampuan guru diuji untuk kreatif membuat pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar meski secara jarak jauh. Tujuan penelitian untuk melihat bagiamana bentuk kreativitas guru dalam mengoptimalkan minat belajar siswa di SD Kanisius Ngapak II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitiatif. Data didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru di SD Kanisius Ngapak II mampu mengoptimalkan minat belajar siswa, hal ini dilihat dari: Guru menggunakan media pembelajaran berupa youtube, whatsapp group, google classroom, google form, google meet, power point, media gambar, poster, modul belajar, Guru menggunakan metode pembelajaran berupa ceramah, tanya jawab, penugasan, presentasi dan membaca nyaring, Guru mampu mengelola suasana kelas dengan kegiatan sapa pagi, ice breaking, bernyanyi, dan peraturan kelas. Maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran  dapat mengoptimalkan minat belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Andhika, M.R., & Wahyuni, C.N. (2020). Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Di MIM 8 Aceh Barat. Edu Science, 7(1), 28-33.

Asyari, A. (2016). Kecerdasan Emosional Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Mengajar. Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 179-188.

Heryanto, L., Amda, A.D., & Ristianti, D.H. (2020). Kreativitas Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Andragogi, 2(2), 244-261.

Pinanti, I.W. (2020). Pengaruh Aplikasi Games Kuis Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Atmosfer Kelas X Di SMA Negeri 4 Magelang Tahun 2020. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahmadayani, I., Lailatussadah., & Dhin, C.N. (2021). Kreativitas Guru Bersertifikasi Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 21(2), 151-161.

Rasyid, I. K. S & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. 7(1), 91-96.

Ria, Y., & Umi, H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(2), 277-293.

Aidah, S.N, & Tim KBM Indonesia. (2020). Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: KBM Indoensia.

Djamarah, S.B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, R. & Gustriani, D. (2020). Manajemen Kelas Di Sekolah Dasar. Pasuruan: Qiara Media.

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya Serang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.