Strategi Guru Mengatasi Keterbatasan Teknologi dalam Pembelajaran Daring Kelas 1B SD Muhammadiyah Karangkajen II

Amalia Risqy Nafisah, Mukti Sintawati

Abstract


Pengenalan Lapangan Persekolahan II  merupakan tahapan kedua dari Pengenalan Lapangan Persolahan I yang merupakan Program Sarjana Pendidikan pada semester 6. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan hasil penelitian kualitatif. Dimana penelitian kualitatif adalah penelitian yang tidak dapat ditemukan dengan prosedur pengukuran (kuantitatif) tetapi menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata . Adapun studi kasus dalam penelitian ini adalah mengenai strategi guru mengatasi keterbatasan teknologi dalam pembelajaran daring kelas 1B SD Muhammadiyah Karangkajen II. Pandemi Covid-19 masih melanda negara Indonesia sampai saat ini sehingga pembelajaran daring atau online masih terus dilaksanakan. Pembelajaran daring menyebabkan berbagai macam permasalahan salah satunya adalah keterbatasan teknologi bagi peserta didik sekolah dasar kelas satu. Dimana mayoritas peserta didik belum memiliki handphone. Dengan adanya permasalahan tersebut strategi yang digunakan guru adalah membagi jam pelajaran pagi dan sore. Supaya peserta didik yang tidak dapat mengikuti pembelajaran pada pagi hari dapat mengikuti pembelajaran pada sore hari.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, D., Wiarsih, C., & Irawan, D. (2021). Strategi Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri 3 Tambakmulyo Kabupaten Kebumen. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 215. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1032

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Apriani, Y., Rusdiawan, R., Asrin, A., Fahruddin, F., & Muhaimi, L. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD IT Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 271–277. https://doi.org/10.36312/jime.v7i2.2056

Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Akuntansi Sektor Pemerintah. Madrasah, 6(2), 26. Retrieved from https://www.researchgate.net

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 56–72. Retrieved from https://jurnal.stai-yaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/163

Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Al-Ibrah, 2(2), 120–145. Retrieved from https://ejournal.stital.ac.id./index.php/alibrah/article/view/104/88

Karimatunnisa, ’Afifah. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Daring Pada Guru Era Pandemi Covid-19. 19.

Pieter, M. S. S., Novianti, A. G., Manullang, E. V, Meet, G., Art, P., & Daring, P. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KAMPUNG HOLTEKAMP. 2(2), 1–5.

Rasidi, M. A., Hikmatullah, N., & Sobry, M. (2021). Hambatan guru dalam pembelajaran daring: Studi kasus di kelas V MIN 2 Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 159. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.159-174

Setiono, P., Handayani, E., & Selvia, S. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. JURIDIKDAS: Jurnal Riset …, 3(3), 402–407. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/view/14570

Utami, A. U., Hariastuti, R. M., Mulyati, T., & Setiawan, D. (2021). Strategi Pembelajaran Tematik Di Era New Normal Untuk Guru Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 146–155.

Wahyu, N., Satiti, A., & Erviana, V. Y. (2021). PENINGKATAN ADAPTASI TEKNOLOGI TERHADAP GURU DAN KARYAWAN SD NEGERI KEMIRI DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING.Seminar Nasional Pengenalan Lapangan Persekolahan UAD.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.