Implementasi Penanaman Karakter Religius pada Pembelajaran Daring di Kelas 3 SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2

Elsa jihan agista, Muhamad Fakhrur Saifudin, Risa Adilah Utami

Abstract


Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran secara langsung atau tatap muka tidak dapat dilaksanakan. Melihat situasi dan kondisi tersebut SD Muhammadiyah purwodiningratan 2 menyepakati untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara daring. Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk mendeskripsikan Implementasi Penanaman Karakter Religius pada Pembelajaran daring di kelas 3 SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 biasanya di terapkan melalui kultur sekolah, Dengan adanya pembelajaran jarak jauh maka sekolah kesulitan untuk menerapkan Pendidikan karakter religius melalui kultur sekolah, menyikapi hal ini SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 membuat inovasi dalam penanaman Pendidikan karakter religius melalui pembiasaan-pembiasaan sebelum melakukan pembelajaran online serta bekerjasama dengan orang tua terkait pengawasannya. Pembiasaan yang dilakukan yaitu Sebelum memulai pembelajaran daring siswa di berikan waktu untuk solat dhuha mandiri kemudian bersama-sama muroja’ah hafalan surat.


Full Text:

PDF

References


Alfatah, A. I., Rahayu, M., Sabiq, A. F., & Magister, P. (2020). Tantangan pendidikan karakter religius, nasionalis, dan mandiri pada masa new normal. 86–94.

Ariyanto, R. D., Andrianie, S., & Hanggara, G. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan Dan Kontribusi. Prosiding Webinar Nasional Pendidikan FIP 2020, 1(1), 128–135.

History, A. (2019). Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) Online: https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/ijies. 2(2), 28–39.

Mutakin, T. Z. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Edutech, 13(3), 361. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3089


Refbacks

  • There are currently no refbacks.