Respons Siswa terhadap Penggunaan e-Modul Biologi pada Materi Jaringan Hewan di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Yogyakarta

Ndaru Melihana Pratiwi, Arief Abdillah Nurusman

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey yang bertujuan untuk mengetauhi respon siswa terhadap penggunaan e-modul jaringan hewan di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Yogyakarta. populasi dari penelitian ini adalah 35 siswa dari kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta. Respon siswa dibedakan atas tiga kategori yaitu tanggapan yang bersifat kognitif, afektif dan konatif. Lembar angket berisi masing-masing kategori tanggapan sebanyak 10 pernyataan positif 5 skala. Respon kognitif mencapai nilai rata-rata 64,7% (kategori kuat), respon afektif mencapai nilai rata-rata 64,7% (kategori kuat) dan respon konatif siswa menunjukan nilai rata-rata 54,7% (kategori cukup)


Full Text:

PDF

References


Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., Saptono, S., & Alimah, S. (2019). Respon Siswa Dan Guru Terhadap Modul Ethno-Edutainment Di Sekolah Islam Terpadu. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 1-24

Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar dalam Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media

Depdikbud.(1996).Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka

Edris, E. M. R. (2018). Pengembangan E-Modul (Electronic Module) Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Materi Vektor Untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten (Vol. 148). Universitas Negeri Yogyakarta.

Fuadah, S. (2020). Respon Kognititf, Afektif dan Konatif Jamaah Gereja Stasi St Benediktus Terhadap Tayangan Aksi Terorisme Surabaya di Youtube [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 2, Issue 1).

Nazief, A. (2021). What is an education paper? Journal of Functional Programming, 31(June). https://doi.org/10.1017/s0956796821000150

PUPR, K. (2019). Modul Panduan Menyusun Modul Pelatihan. In Kementerian PUPR. Kementerian PUPR.

Puspita, S. D. (2017). Respon siswa terhadap modul sistem ekskresi manusia pada pembelajaran biologi kelas xi sma.

Somantri, D. W. (2015). Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media modul di sekolah dasar negeri 8 banjar kota banjar patroman. Universitas Negeri Yogyakarta, April.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Alfabeta.

Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif (p. Bandung : Cipustaka Media).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.