Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas XII MIPA di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Dzaky Shalahuddin Ra'if, Etika Dyah Puspitasari

Abstract


Adanya kebijakan terkait belajar di rumah atau bekerja dari rumah sebagai langkah mencegah terjadinya penularan Covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan pola belajar di sekolah menjadi pembelajaran daring. Di tingkat SMA, pembelajaran online masih tergolong baru, yang mungkin berdampak pada kemauan belajar siswa. Pada masa wabah Covid-19, penelitian ini berupaya menilai motivasi belajar siswa kelas XII MIPA SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dalam pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan instrumen pengumpulan data menggunakan Google Form dengan Skala Likert 1-4. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII MIPA di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dengan pemilihan sampel dengan random sebanyak 35 siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta pada rentang waktu bulan Agustus-September 2021. Analisis data menggunakan rumus Weight Means Score. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan motivasi belajar siswa kelas XII MIPA di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta pada pembelajaran daring selama masa pandemi sebesar 77% (kategori tinggi).

Key Words: Motivasi belajar, SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta pandemi, Pembelajaran daring.


Full Text:

PDF

References


Adijaya, N. dan Santoso, L. P. 2018. “ Presepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online”.Wanastra Jurnal, 10 (2)”

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tanggerang. Jurnal JSPD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 48-53.

Kiswoyowati, A. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa”. Journal Pendidikan,1,120-126.

Muhammad Eka Mardiansyah Simbolo, Muhammad Firdaus, Etiana Etiana dan Tama Kulana Putra. 2021. “Motivasi Belajar PJOK Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19 di Kep. Bangka Belitung.” Media Ilmu keolahragaan Indonesia, 11(1).

Nurhayati, E. (2020).” Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19”. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150.

Purwanto, A., Rudy, P., Madsuki, A., Priono, B. S., Laksmi, M., Wijayanti., Choi C. H., dan Ratna S. P. 2020. “Studi Eksplorasi Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education.” Psyichology and counseling, 2(1).

Puspitasari, D. B. 2013. “Hubungan antara Presepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak”. EMPATHY Journal Fakultas Psikologi, 1(1).

Putri, Y., & Adirakasiwi, A. 2021. “Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X SMA At-Taubah pada materi SLPTV dengan Metode Pembelajaran Daring”. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2934-2940.

Susilowati, E., & Mulyani, B. (2020). “Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Sukoharjo Terhadap Pemahaman Materi Asam Basa Level Hots ( Higher Ordered Thingking Skills ) Menggunakan Pemodelan Rasch”. 9(2), 155–164.

Syofian, S., Timor, S., dan Nur, S. 2015. “Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web.” Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Winata, I Komang. 2021. “Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Komunikasi Pendidikan,5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.