Penanaman Pendidikan Karakter Religius Pada Masa Pandemi Di SD Muhammadiyah Gendeng

Heni Endrawati, Heni Siswantari

Abstract


Pendidikan karakter merupakan salah satu kunci penting untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. SD Muhammadiyah Gendeng merupakan salah satu SD yang tetap menanamkan pendidikan karakter pada pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 ini, terutama pada karakter religius yang dilakukan melalui buku afeksi yang membutuhkan kerjasama antara guru dengan orang tua untuk membantu dalam memonitoring selama pandemic yang dilakukan melalui pembelajaran daring. Penanaman karakter religius pada siswa tersebut dibuktikan melalui dokumentasi siswa ketika sedang melakukan ibadah. Seperti foto dan juga rekam suara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter religious siswa di SD Muhammadiyah Gendeng dengan memonitoring siswa melalui buku afeksi. Monitoring siswa yang dilakukan melalui buku afeksi tersebut berisi tentang ibadah (wudhu, shalat, puasa), Al-Quran, Akhlak, Do’a, dan keshalihan sosial.

Full Text:

PDF

References


Abdin, M & Tuharea, J. 2021. Pembelajaran Nilai - Nilai Karakter : Tantangan Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Unitirta Civic Education Journal, 6 (1) 28-19

Anggito, A & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi. CV Jejak

Parameswara, M, C. 2021. Optimalisasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1),1621-1630

Santika, Q, E. 2020. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3 (1)

Cahyono, H. 2016. Pendidikan Karakter : Strategi Pendidikan Nilai Dalam membentuk Karakter Religius. RI’AYAH, 1 (2)

Ramdhani, M, A. 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 8 (1), 28-37

Hamidah, A. 2018. Pembentukan Keimanan Kepada Allah Berbasis Prophetic Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar (Analisis Pendidikan Keimanan Di SD Anak Saleh Malang). Cendekia. 10 (01), 15-28

Yunita, Y., Pebrian, R., & Akzam, I. 2019. Pembentukan Karakter Murid Pada SDIT Bunayya Pekanbaru Melalui Program Monitoring Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2 (2)

Kurniati, E., Alfaeni, D, K, N., &Andriani, F. 2021. Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1)

Setiawan, A. 2021. Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di Masa PandemiCovid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7 (1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.