Penggunaan Aplikasi Video Conference Saat Pembelajaran Daring Kelas 1 SD Muhammadiyah Demangan

Arifa Nur Amala

Abstract


Indonesia kini sedang dilanda virus yang cukup berbahaya yaitu covid-19. Pandemi covid-19 menjadikan tantangan besar bagi berbagai sektor. Salah satu yang merasakan dampak dari pandemi covid-19 ini adalah sektor pendidikan. Pendidikan yang dulunya pembelajaran luring saat ini pembelajaran dilaksanakan secara daring. Dengan aturan pemerintah yang membatasi aktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH) dan menjaga jarak fisik (social distancing), kegiatan belajar mengajar di sekolah pun dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi video conference. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya penggunaan aplikasi video conference saat pembelajaran daring bagi guru dan siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Demangan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini berupa wawancara secara online. Subjek penelitian ini adalah guru dan wali murid kelas 1 SD Muhammadiyah Demangan. Pembelajaran daring dengan menggunakan Google meet sudah efektif dan memudahkan guru serta siswa mengakses secara gratis.

Full Text:

PDF

References


Wiratama, N. A. (2020). Penerapan Google Meet Dalam Perkuliahan Daring Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar PKN SD Saat Pandemi Covid 19. Jtiee, 4(2), 1-8.

Juniartini, N. M. E., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan aplikasi google meet dalam keterampilan menyimak dan berbicara untuk pembelajaran bahasa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133-141.

Pernantah, P. S., Nova, N., & Ramadhani, A. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 42-47.

Firman, F., Sari, A. P., & Firdaus, F. (2021). Aktivitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Berbasis Konferensi Video: Refleksi Pembelajaran Menggunakan Zoom dan Google Meet. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 130-137.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.