Strategi Pola Bimbingan Guru Terhadap Anak Slow Learner di SD Muhammadiyah Gendeng

Irma Rizky Nur Azizah, Heni Siswantari

Abstract


Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang luar biasa dan memerlukan bantuan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan atau potensi yang dimiliki. Pada anak berkebutuhan khusus ini memiliki hambatan yang berbeda – beda salah satunya adalah slow learner. Ada beberapa faktor yang yang menyebabkan anak mengalami slow learner yaitu faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, atau lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pola bimbingan guru terhadap anak slow learner kelas 4 di SD Muhammadiyah Gendeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang peroleh dalam observasi dan wawancara terhadap guru kelas 4 di SD Muhammadiyah Gendeng menunjukkan strategi guru dalam melakukan pola bimbingan yaitu guru melakukan analisis kesulitan peserta didik, guru melakukan bimbingan khusus, guru melakukan penilaian terhadap anak slow learner.

Full Text:

PDF

References


Abdah. R. 2019. Peran Guru Dalam Memberikan Bimbingan Terhadap Anak Dengan Kebutuhan Khusus disekolah Luar Biasa Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Khazanah Intelektual 3 (2) 511 – 513

Dermawan, Oki. 2013. Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB. Jurnal Ilmiah Psikologi 6 (2)

Hidayah.N. Ina Rofiana. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Peserta Didik Slow Learner. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2 (1)

Haryono, Ahmad Syaifudin, Sri Widiastuti. 2015. Evaluasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan 32 (2)

Hijratur. T. Rahmah. 2017. Pengaruh Kompetensi Guru ABK Pada Indikator Penilaian Di Sekolah Inklusi Madrasah Ibtidiyah Ar – Roihan Lawang. Jurnal Filsafat Sains 2

Jeprianto., Ubabudin., Herwani. 2021. Penilaian Pengetahuan Penugasan Dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 (1)

Kadim. Abd. Masaong. 2012. Supevisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta

Kandita. S. Tiara., Eka Yuliana Sari. 2019. Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. Jurnal Pendidikan Dasar 11 (1) 21 – 30

Maftuhatin. L. 2014. Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dikelas Inklusi di SD Plus Darul ‘Ulum. Jurnal Studi Islam 5 (2)

Sholeh. Moh. Hamid. 2011. Standar Mutu Penilaian Kelas. Yogyakarta: Diva Press

Silfiasari. Susanti Prasetyaningrum. 2017. Empati Pemaafan Dalam Hubungan Pertemanan Siswa Reguler Kepada Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusif. Jurnal Ilmiah Psikologi 5 (1)

Su’aidah. B. Hanur., Sholeh Avif. 2018. Melayani Dengan Hati: Menghapus Diskriminasi dan Segregesi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Sekolah Inklusif YBPK Kota Kediri. Jurnal Al – Hikmah 6 (2)

Yatmiko,Febri., Eva Banowati., Purwadi Suhandini. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Of Primary Education 4 (2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.