Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Synchronous Zoom Meeting Di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta

Helmi Mastadikara, Hardi Prasetiawan

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui impelemtasi sistem pembelajaran berbasis online di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Aplikasi ini biasa digunakan oleh siswa maupun Guru untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara online. Guru BK memanfaatkannya untuk melakukan layanan BK secara online menggunakan Zoom Meeting . Beberapa aplikasi atau platform banyak sekali dimanfaatkan dalam dunia pembelajaran online salah satunya yaitu Zoom Meeting sebagai media interaksi kelas dengan metode tatap muka secara virtual. Metode yang diterapkan untuk penelitian ini menggunakan wawancara yang dimana peneliti melakukan penelitian yang melibatkan guru BK di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. Zoom Meeting merupakan Software yang memiliki kesamaan ruang kelas yang berbasis dunia maya, dan dirancang sebagai alat untuk memudahkan interaksi guru kepada peserta didik. Zoom Meeting ini cukup efektif untuk dapat digunakan dalam penyampaian informasi kepada siswa baik bersifat umum maupun khusus. Dengan menggunakan aplikasi tersebut siswa dapat memperoleh informasi mengenai pembelajaran secara daring di masa pandemic.

Full Text:

PDF

References


Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218.

Kemdikbud RI. (2020). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri

Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Dk, 53(9), 1689–1699.

Sari, I. P. (2021, August). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP

SISWA SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 8-13).

Susanto, H., & Akmal, H. (2018). Efektıvıtas Penggunaan Aplıkası Pembelajaran Berbasıs Mobıle

Smartphone Sebagai Medıa Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusı Fısık dı Kalımantan Selatan Pada Sıswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal HISTORIA, Program Studi Pendidikan Sejarah. Vo. 6. No. 2.

Mayer, R. E. (2005). Cognitive theory of multimedia learning. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge

handbook of multimedia learning (pp. 31–48). New York, NY: Cambridge University Press.

Walni, M. (2021). Proses Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Aplikasi Zoom Meeting


Refbacks

  • There are currently no refbacks.