Implementasi Penggunaan APlikasi Quick Brain dalam Mengasah Tingkat Berpikir Matematika Kelas 3 SD Muhammadiyah Kalinampu II

Nada Diwa Salsabila, Heni Siswantari

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penggunaan aplikasi Quick Brain guna mengasah tingkat berpikir siswa kelas 3 SD. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Didapatkan dalam 5 kali percobaan dapat mengasah tingkat berpikir siswa. Pembelajaran matematika yang menarik bagi siswa adalah pembelajaran yang asyik dan menyenangkan sehingga siswa tidak merasa takut untuk berlatih matematika, salah satunya dengan menggunakan aplikasi Quick Brain. Hasil yang didapat dalam penggunaan aplikasi Quick Brain siswa mampu menjawab latihan soal dan mengasah tingkat berpikir matematika.

Full Text:

PDF

References


Aini, B. O., Ayu, K. C., & Siswati, S. (2019). Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 74-79.

Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167-178.

Hidayati, A. U. (2017). Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143-156. Vol 4, No 2 (2017) https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2222

Meirisa, A., Rifandi, R., & Masniladevi, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Gantang, 3(2), 127-134.

Muhammad Fajri KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i2.1884 Vol 3, No 2 (2017)

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model discovery learning di kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174-179.

Pratiwi, D. E., & Mawardi, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 288-294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.345

Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.

Tatang Herman Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama vol 1 no 1 (2007)

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10-16. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174


Refbacks

  • There are currently no refbacks.