Respons Siswa terhadap Media Pembelajaran Infografis pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA

Nur Fauziyah, Yahya Hanafi, Tanti Fitriani

Abstract


Kurangnya ketertarikan siswa terhadap materi Keanekaragaman hayati, mudah bosan pada saat mengikuti pembelajaran karena menggunakan media pembelajaran yang monoton sehingga hasil belajar tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dari siswa terhadap media pembelajaran infografis pada materi Keanekaragaman Hayati kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan memakai kuesioner dengan instrumen yang dipakai adalah angket mengenai respon dari siswa melalui pertanyaan terbuka dengan menggunakan skala Linkert. Data yang didapatkan dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif, yakni membandingkan data hasil dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Hasil dari penelitian berdasarkan angket memperoleh respon dari siswa terhadap media pembelajaran infografis pada materi Keanekaragaman Hayati kelas X mendapatkan persentase rata-rata secara keseluruhan sebesar 68,3% yang termasuk dalam kategori baik.

Full Text:

PDF

References


Aisyah; Panjaitan, Ruqiah Ganda Putri; dan Marlina, R. (2016). Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3), 1–10.

Anitah, S. (2008). Media Pembalajaran. LPP UNS dan UNS Perss.

Dur, B. U. (2014). Data Visualization and Infographics in the Visual Communication Design Education at the Age og Information. Journal of Arts and Humanities - JAH, vol. 3, iss. 5., May, 39-50.

Harjanto. (2011). Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta.

Kurniasih, N. (2016). Infografis. Infografis, 456–465. https://osf.io/5jh43/download

Mansur, H. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(01). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443

Nyoman, D. (2012). Metode Penelitian. ANDI.

Puspitasari, Deisy; Aprilia, N. (2015). Evaluasi Perencanaan Proses Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Jurnal Jupemasi-Pbio, 1(2), 188–191.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Predana Media Group.

Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 01(03), 163–218. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/download/563/528

Sudjana, Nana; dan Rivai, A. (2010). Media Pembelajaran Cet. ke 9. Sinar Baru Algensindo Offset.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Wahyuningsih. (2011). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2).

Wicandra, O. B. (2006). Peran Infografis Pada Media Massa Cetak. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.8.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.