Dampak Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Google Classroom pada Siswa Kelas IX D SMP Muhammadiyah 1 Mlati

Siti Nur Ayu, Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro, Jati Arum

Abstract


Tujuan penelitian mengetahui dampak dari pembelajarang daring di masa pandemi covid 19 terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian, yaitu penelitian kuantitatif deskriptif, dan metode yang digunakan  survey  melakukannya secara online untuk dketahui dampak dari pembelajaran daring ini  dimasa pandemi covid 19 terhdap minat belajar siswa melalui media pembelajaran google classroom Kelas IX D di SMP Muhammadiyah 1 Mlati, dimana jumlah responden sebanyak 34 siswa kelas IX D. Subjek pada penelitian,  yaitu  siswa Kelas IX D pada SMP Muhammadiyah 1 Mlat, mengikuti pembelajaran daring melalui media pembelajaran daring  google classroom, di karena terbatasnya dalam melakukan penelitian secara langsung ke sekolah masa pandemi covid 19, sehingga peneliti melakukan penelitiannya dengan secara online. Data didapatkan dengan memberikan sebuah kuisioner (angket) kepada siswa. Kuisioner ini dapat dilakukan dengan memberikan berbagai pertanyaan kepada semua responden dengan menggunakan  google from yang ditujukan  untuk mencari berbagai jawaban dibutuhkan. Dimana hasil untuk mengetahui  pembelajaran menggunakan google classroom bisa meningkatkan minat dalam belajar peserta didik

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. 2019. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.

Gunawan, H. 2017. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.

Meilani, R. I., & Ricardo. 2017. Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ( The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79–92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.