Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Umi Khoirun Ni'mah, Fandi Akhmad

Abstract


Pemanfaatan media online digunakan sebagai jalan alternatif dalam pembelajaran daring pada masa pandemi saat ini. Salah satu media yang saat ini sering digunakan yaitu Google Classroom. Media Google Classroom ini merupakan aplikasi dari google yang sering dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik di lakukan dengan wawancara kepada guru melalui chat whatsapp. Lokasi penelitian berada di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta, Purbayan Rt 53 Rw 13 Kotagede Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini yaitu pemanfaatan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring yang digunakan pada saat masa pandemi saat ini. Google Classroom ini menyediakan kelas online, dan mudah di akses. Penggunaan Google Classroom memiliki banyak manfaat yang di rasakan oleh guru maupun peserta didik dalam pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 7 yogyakrta. Manfaatnya bagi guru yaitu dapat menjadwalkan materi, presensi, dan tugas di tengah kesibukan. Manfaat untuk peserta didik yaitu dapat mengulang materi yang ada di Google Classroom kapan saja.


Full Text:

PDF

References


Aryani, D., Malabay, M., Ariessanti, H. D., & Putra, S. D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Daring saat Pandemi COVID 19 di SMPIT Insan Rabbani. Jurnal Abdidas, 1(5), 373–378.

Baran, Stanley. (2011). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Empat.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2).

A.Hardhono, "Potensi Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia.," Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Pusat Studi Indonesia, Lembaga Penelitian Universitas Terbuka., vol. 3, no. 1, pp. 112-126, 2002.

Muris, A. A. (2021). PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID 19 DI PRODI INFORMATIKA UNIVERSITAS BATURAJA. Jurnal Ilmiah Matrik, 23(1), 119–132.

McLuhan, Marshall. (1994). Understanding Media: The Extension of Man. London: The MIT Press.

M. D. A Pane, "Belajar dan Pembelajaran," FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 2, no. 3, pp. 333-352, 2017.

Sukmawati, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4. 0. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 39–46.

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.