Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Menjadi Guru Yang Profesional

Rizqi Fauziyyah, Fandi Akhmad

Abstract


Sekolah yang terakreditasi unggul  tercapai melalui adanya sentuhan tenaga pendidik (guru) profesional. Guru mempunyai peran yang krusial dalam sektor pendidikan, yaitu menyiapkan pembelajaran, mempertahankan keahlihan, hobi dan minat dalam diri peserta didik. Tentu, guru yang profesional tidak hadir begitu saja, pembiasaan, pelatihan, dan pengelaman menjadi poin penting dalam mengenal lebih jauh kehidupan potensi pendidikan dalam membentuk generasi yang bertanggung jawab dan cinta tanah air. Maka, melalui proses Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa  diupayakan dalam meningkatkan kepercayaan mahasiswa menjadi guru yang profesional. Tujuan penelitian ini, ingin mengetahui sejauh mana program Praktik Pengalaman Lapangan dalam meningkatkan dan kesiapan mahasiswa menjadi guru profesional. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data kuesioner yang diisi oleh 43 siswa kelas 7C SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Hasil dari kuesioner tersebut menunjukkan ada 6 indeks penilaian profesionalitas mahasiswa dalam program PPL dan semuanya menunjukkan nilai memuaskan dengan range angka mencapai >75.


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. D., & Saputri, T. (2020). The Effectiveness Of Google Classroom For Online Discussion. Exposure Journal 9(November), 322–331.

Aminah, N. (2014). Analisis Kemampuan Pedagogik dan Self Confidence Calon Guru Matematika dalam Menghadapi Praktek Pengalaman Lapangan. Euclid, 1(1), 55–59. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.344

Danil, D. (2009). Upaya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah (Study Deskriptif Lapangan di Sekolah Madrasah Aliyah Cilawu Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 03(01), 30–40.

http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/21

Kholis, N. (2019). Teacher Professionalism in Indonesia, Malaysia, and New Zealand. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 179–196. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487

Makovec, D. (2018). The teacher’s role and professional development. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 6(2), 33–45. https://doi.org/10.5937/ijcrsee1802033M

Muhlison, O. (2014). Guru Profesional (Sebuah Karakteristik Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam). Jurnal Darul ’Ilmi, 02(02), 46–60.

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Rindu, I., & Ariyanti, A. (2017). Teacher’s Role in Managing the Class during Teaching and Learning Process. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 2(1), 83. https://doi.org/10.24903/sj.v2i1.77

Sarwono, A. Y., Murtono, M., & Widianto, E. (2020). The Teacher’s Role in Developing Student Social Attitudes. International Journal of Elementary Education, 4(3), 384. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28684

Sukmawati, S. (2016). Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2), 1665–1677. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17055


Refbacks

  • There are currently no refbacks.