Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 melalui Media Pembelajaran WhatsApp dan Google Clasroom Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Godean

Ainun Mardliyah, Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro, Supardiyah Supardiyah

Abstract


Pembelajaran dalam jaringan (daring) yang dilakukan di sekolah pada saat pandemi covid19 menggunakan banyak platform salah satunya WhatsApp dan Google Clasroom. Kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi online yang dapat mengakomodir peserta didik dalam pembelajaran di ruang chat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner yang dibagikan dalam bentuk google form pada 69 responden. Efektivitas yang diteliti adalah ranah afektif berupa receiving/ attenting (menerima atau memperhatikan) dan responding (menanggapi) serta perbandingan efektivitas media pembelajaran WhatsApp dan Google Clasroom. Hasil yang didapatkan dari aspek/indikator receiving dan responding dengan kalimat positif berada di antara Setuju dan Sangat Setuju,Netral serta kalimat Negatif yang berada di antara Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju yang berarti peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Godean menganggap efisie pembelajaran dengan dua platform tersebut selama mengikuti pembelajaran IPA.  


Full Text:

PDF

References


Abu, A dan Widodo Supriyono. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta Fitriyani,Y., Fauzi,I.,&

Sari, M.Z. 2020. Efektvitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran,6(2) 166-168.

Handarini, Oktafiaika, dan Siti Sri Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8 (3) 497-498.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.