Problematika Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAI di SMP MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

Hilda Putri Seviarica, Tri Yaumil Falikah

Abstract


Seorang guru merupakan subjek pembelajaran yang memiliki peranan penting dalam merencanakan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai problematika guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. RPP merupakan instrumen terpenting yang ada di dalam pembelajaran. Hal ini karena RPP merupakan inti dari pembelajaran yang disusun sebelum pembelajaran dimulai. Namun tidak semua guru paham dan mengerti tentang bagaimana cara penyusunan RPP yang baik dan benar. Hal ini diliputi berbagai problematika yang mendasar pada seorang guru di sekolah.    

Full Text:

PDF

References


afriansyah, A. (2021). Problematika Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Pada Smp Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Bungin, M. B. (2008). Penelitian Kualitatif. Kencana.

Duhita, S. A., Suprapta, S., & Hasriyanti, H. (2020). Problematika Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi. LaGeografia, 18(2), 109–116.

Haqiqi, A. K. (2019). Telaah Implementasi Kurikulum 2013: Tinjauan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 12–18.

Kinasih, A. M., & Risminawati, M. P. (2017). Problematika Guru Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lexi, J., & M.A., M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin. PT Remaja Rosdakarya. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

NUR, A. (2015). Analisis Problematika Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 bagi Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Pallangga. FBS.

Purwadi, H. (2018). KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA DALAM PENYUSUNAN RPP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.