Penanaman Nilai Karakter Religius Peserta Didik Kelas 1 di SD Muhammadiyah Demangan

Evi Aprilia Susilaningrum, Diyah Puspitarini

Abstract


Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif guna menggambarkan salah satu nilai karakter yaitu karakter religius melalui taradus setiap pagi sebelum kegiatan pembelajaran dan hafalan di SD Muhammadiyah Demangan. Nilai karakter regilius diterapkan di SD ini setiap paginya dan diadakan setoran hafalan ke guru wali kelas. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Program sekolah yang dilaksanakan dalam hal ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai karakter terutama dalam nilai religius pada siswa. Selain itu sekolah juga memiliki peranan yang penting dalam menumbuhkan nilai religius ini. Sehingga guru serta orang tua harus membantu memberi dukungan yang penuh terhadap penanaman nilai karakter religius melalui tadarus sebelum aktivitas pembelajaran dan hafalan.

Key Words: Sekolah, Pendidikan, Karakter, Religius


Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, Moh. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Ddik Melalui Metode Pembiasaan: Jurnal Prakarsa Pedagogis. 2(1). 21-26.

Santika, I Wayan Eka (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring: Indonesa Values and Character Education Journal. 3(1), 9-10.

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implemantasi. Bandung: Alfabeta

Hariadai, A. & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 1(1). 176-178.

Jannah, Muftahul. (2019). Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang Dterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura: Jurnal Ilmiah Pendidkan Madrasah Ibtidayah. 4(1). 78-80.

Nur, Siti Aidah. 2020. Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: KBM Indonesia.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai): Junal Al-Ta’dib. 9(1). 122-123

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Suriadi. (2020). Budaya Sekolah dalam Menumbuhkan Karakter Religus di Madrasah Tasnawiyah: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 15(1). 176.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.